Analisis Rendahnya Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan (Studi di Kelas V SDN 02 Tanara).

Coernalia, Coernalia (2019) Analisis Rendahnya Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan (Studi di Kelas V SDN 02 Tanara). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
lampiran depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (93kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (33kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (287kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III pkpk.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (52kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Bab iv.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (123kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (21kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
daftar pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (13kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama: Coernalia, NIM: 152400796, Judul Skripsi: Analisis Rendahnya Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan (Studi di Kelas V SDN 02 Tanara). Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif didefinisikan sebagai penelitian ilmu-ilmu Social yang mengumpulkan dan menganalisis data berupa kata-kata (lisan maupun tulisan) dan perbuatan-perbuatan manusia dan dengan demikian tidak menganalisis angka-angka. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif deskripstif, dan mengumpulkan datanya dengan Observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Berdasarkan hasil penelitian faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa pada materi pecahan adalah dapat diklasifikasikan menjadi dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal.Faktor internal yang menjadi penyebab kesulitan siswa dalam materi pecahan berupa faktor psikologis dan faktor motivasi. Siswa kurang menyukai materi pecahan, kurangnya minat siswa pada mata pelajaran matematika dalam diri siswa, dan kurangnya motivasi belajar dalam diri siswa.Faktor eksternal yang menjadi penyebab rensdahnya hasil belajar siswa yaitu, kondisi kelas yang kurang kondusif, ukuran kelas yang krang memadai, daan metode dan strategi guru yang monoton.kelas V SDN 02 Tanara berjumlah 30 orang siswa yang melakukan tes dan dianalisis oleh peneliti dan mendapatkan hasil seperti berikut: Terdapat 24 orang siswa (80%) yang mengalami rendahnya hasil belajar siswa dalam materi pecahan, sedangkan 6 siswa (20%) tidak mengalami rendahnya hasil belajar siswa dalam materi pecahan. Kata kunci: Hasil Belajar, Materi Pecahan, Pembelajaran Matematika

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 19 Jul 2019 02:51
Perubahan Terakhir: 19 Jul 2019 02:51
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4177

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.