SUDRAJAT, AJAT (2017) KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM PERSPEKTIF SYEKH MUHAMMAD SYAKIR(Dalam Kitab Washoya Al-Abaa Lil Abnaa). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.
|
Teks (LAMPIRAN BAGIAN DEPAN SKRIPSI)
Perlengkapan skripsi.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (518kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB 1.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (256kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (547kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (513kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV REVISI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (683kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (139kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (149kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Pendidikan adalah hal yang terpenting dalam kehidupan manusia. Karena subjek dan objek pendidikan adalah manusia, di mulai dari pendidikan anak sampai pendidikan orang dewasa. Terutama pendidikan agama Islam yang bertujuan untuk menjadikan anak sebagaimanusia yang “insan kamil”. Syekh Muhammad Syakir yang merupakan tokoh pendidikan Islam berpendapat bahwa: keberhasilan tujuan pendidikan Islam tersebut, pasti tidak terlepas dari sebuah konsep pendidikan itu sendiri. Adapun konsep pendidikan anak yang dikemukakan oleh Syekh Muhammad Syakir telah tertuang dalam sebuah kitab yang berjudul washaya al-abaa lil abnaa. Landasan teoritis yang digunakan oleh peneliti mengacu pada teori Muhammad Athiyah Al-Abrasyi tentang pendidikan anak. Pendidikan anak adalah hal yang sangat penting, dengan tujuan membentuk anak yang berakhlak mulia, keras kemauan, sopan dalam bicara , perangai, bersifat bijaksana, ikhlas, jujur, dan suci. Pada intinya pendidikan anak adalah untuk mempersiapkan individu yang saleh, agar ia dapat hidup dengan kehidupan yang sempurna dengan mengembangkan berfikir bebas dan mandiri serta demokratis dengan cara memperhatikan kecenderungan terhadap aspek kecerdasan akal, dan bakat, dengan menitik beratkan pada pengembangan akhlak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan studi kepustakaan (library research) , dengan mengkaji sumber primer dan sekunder melalui pendekatan deduktif dan induktif. Yang menjadi sumber primer dalam penelitian ini adalah kitab washaya al - abaa lil abnaa karangan Syekh Muhammad Syakir. Adapun sumber sukender diantaranya adalah buku yang berjud ul pendidikan anak menurut Islam karangan Abdullah Nashih Ulwan, serta sumber sekunder lainnya. K itab ini berisi tentang pendidik an anak yang mencakup pendidikan akhlak , aqidah, tasawuf, ibadah, kesehatan dan pendidikan sosial. Agar mudah dipahami, kitab i ni menggunakan beragam metode dalam penyampaian, yaitu metode nasehat, metode pembiasaan, metode kisah, metode dialog, metode perumpamaan, dan metode muhâsabah, metode targhîb dan tarhîb . K itab ini lebih banyak mengandung isi tentang pendidikan akhlak pada anak. Konsep Pendidikan a nak terhadap akhlak yang pertama yaitu akhlak kepada Allah SWT, Rasulullah, orang tua, masyarakat, serta lingkungan. Dengan tujuan agar anak berakhlakul karimah, mampu menggembangkan diri, ilmu, tugas - tugas hidupnya, mewujudkan moral mulia, peran aktif dalam membangun kehidupan guna menjalankan tugas dan kewajibanya sebagai umat Islam, dengan harapan menjadi manusia yang bermanfaat bagi semua makhluk - Nya.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | PENDIDIKAN ANAK |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 24 Apr 2017 02:13 |
Perubahan Terakhir: | 24 Apr 2017 02:13 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/417 |
Actions (login required)
Lihat Item |