Teknik Aversi dalam Menangani Remaja Pecandu Game Online (Studi Kasus di Warnet Kelurahan Sumur Pecung Kota Serang)

Mardotillah, Ida (2019) Teknik Aversi dalam Menangani Remaja Pecandu Game Online (Studi Kasus di Warnet Kelurahan Sumur Pecung Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
cover skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
skripsi ida.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (568kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (88kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
kata pengantar.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (419kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Fenomena kecanduan game online yang terjadi di masyarakat terutama kalangan remaja sangat memprihatinkan. Para remaja yang masih berstatus pelajar menghabiskan sebagian besar waktunya di warnet (warung internet) untuk bermain game online. Bahkan game online dapat membuat para remaja tersebut meninggalkan segala aktivitas serta kewajiban yang seharusnya dilakukan. Selain itu, game online juga dapat berdampak negatif terhadap perilaku remaja. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Apa penyebab remaja kecanduan game online?, 2). Bagaimana tingkat kecanduan game online pada remaja?, 3). Bagaimana teknik aversi dalam mengatasi perilaku remaja pecandu game online di Kelurahan Sumur Pecung Kota Serang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Apa penyebab remaja kecanduan game online, 2). Bagaimana tingkat kecanduan game online pada remaja. 3). Bagaimana teknik aversi dalam mengatasi perilaku remaja pecandu game online di Kelurahan Sumur Pecung Kota Serang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Jenis penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki proses, serta memperoleh pengertian dan pemahaman yang mendalam serta utuh dari individu, kelompok, atau situasi tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: 1) analisis selama pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, dan 4) menarik kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teknik aversi, melalui 4 langkah yaitu: 1) asesmen (asessment), 2) menentukan tujuan (goal setting), 3) implementasi teknik (technique implementation), 4) evaluasi dan pengakhiran (evaluation and termination). Penerapan teknik aversi menggunakan stimulus-stimulus yang tidak menyenangkan atau menakutkan untuk menghilangkan perilaku maladaptif atau bermasalah pada responden. Hasil dari penelitian ini, responden dapat memahami dampak negatif dari game online. Sehingga mereka mau mengurangi waktu bermain game online dan perlahan-lahan berhenti meninggalkan perilaku bermain game online.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 152 Persepsi, gerakan, emosi & drive
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 15 Jul 2019 07:21
Perubahan Terakhir: 03 Apr 2024 05:02
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4152

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.