Pengaruh Model Pembelajaran Procces Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Bangun Ruang (Kuasi Eksperimen Di Kelas V Sdn Banjarsari 5).

Rosita, Eris (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Procces Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Bangun Ruang (Kuasi Eksperimen Di Kelas V Sdn Banjarsari 5). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (15kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN)
lembar_pengesahan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (243kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
bab 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (107kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (311kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (358kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB IV)
bab 4.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (966kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (197kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (70kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama: Eris Rosita, NIM:142400731, Judul Skripsi: Pengaruh Model Pembelajaran Procces Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Bangun Ruang (Kuasi Eksperimen Di Kelas V Sdn Banjarsari 5). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa dalam menghitung volume bangun ruang yang umumnya berbentuk soal cerita dan anggapan siswa terhadap mata pelajaran matematika yang merupakan mata pelajaran yang sulit dan tidak menyenangkan. Anggapan demikan berdapak pada rendahnya antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk untuk memperoleh informasi pengaruh penggunaan model pembelajaran procces oriented guided inquiry learning (POGIL) pada pembelajaran matematika materi bangun ruang di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri terakreditasi B kategori tinggi sekecamatan Cipocok Jaya Kota Serang tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan design penelitian non equivalent control group design. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VA dan VB SDN Banjarsari 5 yang terdiri dari 33 orang siswa kelas eksperimen dan 33 orang siswa kelas kontrol.Hasil peneitian mengungkapkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran POGIL lebih tinggi dari pada hasi belajar siswa yang diajarkan dengan strategi ekspositori (model konvesional). Kesimpulan dari penelitian adalah model pembelajaran procces oriented guided inquiry learning (POGIL) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang dengan nilai (sig < a) yaitu (0.002 < 0,05). Kata kunci: procces oriented guided inquiry learning (POGIL), Hasil belajar, eksperimen, kontrol..

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 27 Jun 2019 01:14
Perubahan Terakhir: 27 Jun 2019 01:14
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4072

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.