Efektivitas Penerapan Metode Discovery Learning Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fiqih (Studi Eksperimen di MA Al-Hidayah Kadulawang Pandeglang Banten

Khoiriyah, Khoiriyah (2019) Efektivitas Penerapan Metode Discovery Learning Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fiqih (Studi Eksperimen di MA Al-Hidayah Kadulawang Pandeglang Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (18kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (108kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I - V)
BAB I-5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (487kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (26kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Khoiriyah. NIM: 152102007. 2019. Efektivitas Penerapan Metode Discovery Learning Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fiqih (Studi Eksperimen di MA Al-Hidayah Kadulawang Pandeglang Banten). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan metode discovery learning terhadap kemandirian belajar siswa pada pembelajaran fiqih di MA Al-Hidayah Kadulawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Sedangkan pendekatan metode yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan bentuk Non- Equivalen Control grup desain, teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah: berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di MA Al-Hidayah Kadulawang Pandeglang Banten mengenai Efektifitas penerapan metode discovery learning terhadap kemandirian belajar siswa pada pembelajaran Fiqih di MA Al-Hidayah Kadulawang Pandeglang. Ditunjukan dari hasil perolehan pengujian hipotesis menggunakan uji t, diperoleh nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel pada taraf signifikasi 0,05 yakni 23.385 ≥ 1,676. Karena thitung berada di daerah penerimaan Ha maka Ha dapat diterima. Selain itu dilihat dari hasil perhitungan post test kelas eksperimen yang menggunakan metode discovery learning (rata-rata 77), menunjukan nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional (rata rata 66). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh posistif yang signifikan, karena adanya perubahan kemandirian belajar siswa kelas XI A setelah menggunakan metode discovery learning. Sehingga penerapan metode discovery learning efektif dan memberikan pengaruh terhadap kemandirian belajar siswa. Kata kunci: Metode Discovery Learning, Kemandirian Belajar, Fiqih.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 27 Jun 2019 01:14
Perubahan Terakhir: 27 Jun 2019 01:14
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4066

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.