Hubungan Perhatian Orang Tua dan Lingkungan Sekolah Dengan Kemampuan Membaca al-Quran Siswa SMP Negeri di Kota Serang. T

JAFRIZAL, JAFRIZAL (2019) Hubungan Perhatian Orang Tua dan Lingkungan Sekolah Dengan Kemampuan Membaca al-Quran Siswa SMP Negeri di Kota Serang. T. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER DAN LAIN - LAIN)
1. TESIS CAPER - DAFTAR LAMPIRAN - B5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (424kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I - V)
2. TESIS BAB 1-5 - PERBAIKAN -DIPAKAI AKHIR 1 - B5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (4MB) | Pra Tinjau

Abstrak

JAFRIZAL, 1640100420, Hubungan Perhatian Orang Tua dan Lingkungan Sekolah Dengan Kemampuan Membaca al-Quran Siswa SMP Negeri di Kota Serang. Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin Banten. Tahun 2018. Pada saat ini terdapat kecenderungan semakin meluasnya anak muda yang tidak dapat membaca al-Quran apalagi memahami arti dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi anak tidak dapat membaca al-Quran diantaranya perhatian orang tua dan lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara perhatian orang tua dan lingkungan sekolah dengan kemampuan membaca al-Quran. Perhatian orang tua adalah kemampuan atau kecakapan pemusatan tenaga serta keaktifan jiwa orang tua dalam mendidik anakanaknya sesuai dengan situasi dan kondisi tertentu, karena adanya dorongan terhadap objek tertentu. Lingkungan sekolah yang aman dan tertib, optimis dan harapan yang tinggi dari warga sekolah, kesehatan sekolah dan kegiatan-kegiatan yang berpusat pada siswa merupakan iklim sekolah yang dapat menumbuhkan semangat belajar siswa. Sekolah juga merupakan kesinambungan dari mesjid dalam melaksanakan aspek ibadat yang lebih khusus, seperti membaca al-Quran. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat korelasional, dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel 175 siswa, analisisnya menekankan pada data-data nomerik yang diperoleh dari responden menggunakan angket dengan tehnik simple random sampling yang diolah dengan statistik. Pendekatan ini digunakan oleh peneliti untuk memperoleh hubungan dari variabel-variabel yang diteliti. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dan metode expostfacto. Hasil penelitian diperoleh Fhitung sebesar 5,854 sedangkan Ftabel dengan tingkat signifikansi 5% dan v1 = k = 2, v2 = (n – k – 1) = (175 – 2 – 1) = 172, diperoleh Ftabel sebesar 3,04. Dalam hal ini Fhitung (5,854) > Ftabel (3,04) sehingga diperoleh di daerah penerimaan Ha (Ho ditolak, Ha diterima) dan sig f < 0,05 (0,003< 0,05). Dari hasil perhitungan dengan menggunakan program SPSS diketahui bahwa besarnya korelasi antara perhatian orang tua dan lingkungan sekolah dengan kemampuan vii membaca al-Quran adalah sebesar 0,252 sehingga dapat diketahui bahwa besarnya hubungan antara perhatian orang tua dan lingkungan sekolah dengan kemampuan membaca al-Quran sebesar 0,2522 x 100% = 6,4% sementara sisanya sebesar 93,6% dipengaruhi faktor lainnya. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan bisa memberikan informasi dan masukan bagi sekolah, guru dan orang tua untuk terus memotivasi siswa dan anak, membudayakan membaca al-Quran agar tercipta generasi islam masa depan yang qurani. Kata Kunci : Perhatian orang tua, lingkungan sekolah, dan kemampuan membaca al-Quran

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: PASCASARJANA
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 20 Jun 2019 03:11
Perubahan Terakhir: 20 Jun 2019 03:11
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4017

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.