Hardianti, Siti (2019) Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Passing Bawah dalam Pembelajaran Bola Voli Melalui Modifikasi Media Bola”(PTK di kelas IV SDN I Sukajaya Kecamatan Sajira Lebak Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
Cover Skripsi piks.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (93kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN)
OUTLINE.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (330kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I - V)
bab1-bab5.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (668kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Daftar Pustaka fik.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (82kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Nama : Siti Hardianti, NIM : 152400808, Judul Skripsi : “Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Passing Bawah dalam Pembelajaran Bola Voli Melalui Modifikasi Media Bola”(PTK di kelas IV SDN I Sukajaya Kecamatan Sajira Lebak Banten). Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar keterampilan passing bawah pembelajaran bola voli melalui modifikasi media bola siswa kelas IV SDN I Sukajaya”, 2) Untuk mengetahui peningkatan passing bawah pembelajaran bola voli melalui modifikasi media bola siswa kelas IV SDN I Sukajaya?. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kemms dan Mc Taggart yang terdiri dari II Siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun instrumen yang digunakan adalah tes passing bawah dalam permainan bola voli dengan melambungkan bola sendiri selama 30 detik. Penelitian ini dilaksanakan di SDN I Sukajaya Kecamatan Sajira Lebak Banten, di kelas IV dengan jumlah 27 siswa, 19 Laki- laki dan 8 Perempuan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa ketuntasan hasil belajar berdasarkan KKM, pada siklus I siswa yang tuntas mencapai 37,04% dan nilai rata – rata 56,74, kemudian meningkat pada siklus II, siswa yang tuntas mencapai 85,18% dengan nilai rata – rata kelas mencapai 71,07. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan memodifikasi media bola dalam permainan bola voli dapat meningkatkan hasil keterampilan passing bawah siswa. Hasil passing bawah siswa pada siklus I sampai dengan siklus II mengalami peningkatan. Pada tahap prasiklus diperoleh indikator keberhasilan 39,26, kemudian pada tahap selanjutnya siklus I memperoleh indikator keberhasilan 47,41 dan pada tahap siklus II memperoleh indikator keberhasilan 73,33. Dari indikator keberhasilan passing bawah siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan, hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan modifikasi media bola yang menarik dan tepat dapat meningkatkan pemahaman siswa, aktivitas siswa dan passing bawah siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar, Keterampilan Passing bawah, Bola Voli Nama : Siti Hardianti, NIM : 152400808, Judul Skripsi : “Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Passing Bawah dalam Pembelajaran Bola Voli Melalui Modifikasi Media Bola”(PTK di kelas IV SDN I Sukajaya Kecamatan Sajira Lebak Banten). Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar keterampilan passing bawah pembelajaran bola voli melalui modifikasi media bola siswa kelas IV SDN I Sukajaya”, 2) Untuk mengetahui peningkatan passing bawah pembelajaran bola voli melalui modifikasi media bola siswa kelas IV SDN I Sukajaya?. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kemms dan Mc Taggart yang terdiri dari II Siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun instrumen yang digunakan adalah tes passing bawah dalam permainan bola voli dengan melambungkan bola sendiri selama 30 detik. Penelitian ini dilaksanakan di SDN I Sukajaya Kecamatan Sajira Lebak Banten, di kelas IV dengan jumlah 27 siswa, 19 Laki- laki dan 8 Perempuan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa ketuntasan hasil belajar berdasarkan KKM, pada siklus I siswa yang tuntas mencapai 37,04% dan nilai rata – rata 56,74, kemudian meningkat pada siklus II, siswa yang tuntas mencapai 85,18% dengan nilai rata – rata kelas mencapai 71,07. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan memodifikasi media bola dalam permainan bola voli dapat meningkatkan hasil keterampilan passing bawah siswa. Hasil passing bawah siswa pada siklus I sampai dengan siklus II mengalami peningkatan. Pada tahap prasiklus diperoleh indikator keberhasilan 39,26, kemudian pada tahap selanjutnya siklus I memperoleh indikator keberhasilan 47,41 dan pada tahap siklus II memperoleh indikator keberhasilan 73,33. Dari indikator keberhasilan passing bawah siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan, hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan modifikasi media bola yang menarik dan tepat dapat meningkatkan pemahaman siswa, aktivitas siswa dan passing bawah siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar, Keterampilan Passing bawah, Bola Voli Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar keterampilan passing bawah pembelajaran bola voli melalui modifikasi media bola siswa kelas IV SDN I Sukajaya”, 2) Untuk mengetahui peningkatan passing bawah pembelajaran bola voli melalui modifikasi media bola siswa kelas IV SDN I Sukajaya?. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kemms dan Mc Taggart yang terdiri dari II Siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun instrumen yang digunakan adalah tes passing bawah dalam permainan bola voli dengan melambungkan bola sendiri selama 30 detik. Penelitian ini dilaksanakan di SDN I Sukajaya Kecamatan Sajira Lebak Banten, di kelas IV dengan jumlah 27 siswa, 19 Laki- laki dan 8 Perempuan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa ketuntasan hasil belajar berdasarkan KKM, pada siklus I siswa yang tuntas mencapai 37,04% dan nilai rata – rata 56,74, kemudian meningkat pada siklus II, siswa yang tuntas mencapai 85,18% dengan nilai rata – rata kelas mencapai 71,07. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan memodifikasi media bola dalam permainan bola voli dapat meningkatkan hasil keterampilan passing bawah siswa. Hasil passing bawah siswa pada siklus I sampai dengan siklus II mengalami peningkatan. Pada tahap prasiklus diperoleh indikator keberhasilan 39,26, kemudian pada tahap selanjutnya siklus I memperoleh indikator keberhasilan 47,41 dan pada tahap siklus II memperoleh indikator keberhasilan 73,33. Dari indikator keberhasilan passing bawah siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan, hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan modifikasi media bola yang menarik dan tepat dapat meningkatkan pemahaman siswa, aktivitas siswa dan passing bawah siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar, Keterampilan Passing bawah, Bola Voli
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 29 Mei 2019 03:36 |
Perubahan Terakhir: | 29 Mei 2019 03:36 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3980 |
Actions (login required)
Lihat Item |