Pengaruh Metode Pembelajaran Talking Stick Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an dan Hadits

Umyati, Dea (2019) Pengaruh Metode Pembelajaran Talking Stick Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an dan Hadits. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img] Teks
COVER SKRIPSI pdf.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (116kB)
[img] Teks
SKRIPSI i-xvi B 5 DEA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (812kB)

Abstrak

Nama: Dea Umyati, NIM: 152101955, Judul Skripsi: Pengaruh Metode Pembelajaran Talking Stick Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an dan Hadits. Latar belakang dari penelitian ini kurang adanya interaksi antara guru dan siswa maupun siswa dan siswa sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Kurangnya interaksi dapat terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor seperti, metode pembelajaran yang kurang membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran. salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan metode pembelajaran talking stick metode ini mengikut sertakan siswa agar aktif dalam proses pembelajaran. Keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran merupakan hal yang sangat penting, karena dengan siswa ikut berperan aktif maka siswa akan merasakan pembelajaran yang lebih bermakna. Berdasarkan latar belakang di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana penerapan metode pembelajaran talking stick pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 1 Lebak, 2). Bagaimana keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dengan menggunakan metode pembelajaran talking stick di MTsN 1 Lebak, 3). Apakah terdapat pengaruh metode pembelajaran talking stick terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 1 Lebak. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 1 Lebak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan setelah diberlakukan metode pembelajaran talking stick pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Dari nilai posttest siswa kelas eksperimen memiliki rata-rata = 88,4. Untuk kelas kontrol memiliki nilai rata-rata posttest sebesar =82,0 dan uji hipotesis dengan harga thitung > ttabel maka Ha diterima. Terdapat pengaruh dari penerapan metode pembelajaran talking stick terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Kata kunci : Metode Pembelajaran Talking Stick, Keaktifan Belajar

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 29 Mei 2019 03:35
Perubahan Terakhir: 29 Mei 2019 03:35
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3979

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.