Salpiana, Mira (2019) Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan supervise kinerja guru (studi di MA Daarul-irfan dan MA Ihsaniyah). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Mira salpiana. “Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan supervise kinerja guru (studi di MA Daarul-irfan dan MA Ihsaniyah). Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Banten, Pembimbing: (I) Prof. Dr.E. Syarifudin, M.Pd (2) Dr. Agus Gunawan M,Pd Upaya kepala sekolah merupakan salah satu program penting yang harus dilaksanakan oleh kepala sekolah untuk meningkatan supervisi kinerja guru. Peningkatan supervise kinerja guru merupakan suatu keharusan bagi lembaga pendidikan yang ingin tetap survive sepanjang masa, karena guru pada lembaga pendidikan merupakan kunci utama keberhasilan proses belajar mengajar. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Supervisi kinerja guru di MA Daarul-Irfan dan MA Ihsaniyah Serang, Bagaimana Hambatan-Hambatan Kepala Sekolah Dalam meningkatkan Supervisi Kinerja Guru di MA Daarul-Irfan dan MA Ihsaniyah Serang, Bagaimana Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Supervisi Kinerja Guru di MA Daarul-Irfan dan MA Ihsaniyah Serang. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis: (1) supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru MA Daarul-irfan dan MA Ihsaniyah, (2) Hambatan-Hambatan Kepala sekolah dalam dalam meningkatkan Supervisi kinerja guru di MA Daarul-irfan dan MA Ihsaniyah, (3) Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan Supervisi kinerja guru di MA Daarul-irfan dan MA Ihsaniyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan rancangan multikasus. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yang mencakup empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan Kredibilitas, Transferbility, Dependebilitas, dan Konfirmabilitas. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MA Daarul-irfan adalah menggunakan model supervisi klinis. Kepala MA Daarul-irfan lebih menekankan pada Model Supervisi Klinis Face to Face, sedangkan kepala MA Ihsaniyah menekankan pada Model Supervisi Klinis juga, (2) Hambatan-hambatan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MA Daarul-irfan dan MA Ihsanoyah adalah waktu, kesiapan guru, implementasi RTL.(3) Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan Supervisi kinerja guru di MA Daarul-irfan dan MA Ihsanoyah adalah Mengadakan pelatihan-Pelatihan Kepada Guru yang berkaitan dengan peningkatan kinerja,perbaikan kesejahteraan guru, memberikan pengarahan guru,melengkapi sarana prasana untuk guru. Kata Kunci: Upaya Kepala Sekolah, Supervisi, Kinerja Guru.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Magister |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 24 Mei 2019 02:42 |
Perubahan Terakhir: | 24 Mei 2019 02:42 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3947 |
Actions (login required)
Lihat Item |