Widiyanty, SR Khairun Nissa (2019) Pengaruh penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. (Studi Eksperimen di SMP Negeri 3 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
SR Khairun Nissa Widiyanty. 152102090. 2019. Pengaruh penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. (Studi Eksperimen di SMP Negeri 3 Kota Serang) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan LKPD pada model pembelajaran scramble pada mata pelajaran pendidikan agama islam, Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya LKPD pada model pembelajaran scramble di SMPN 3 Kota Serang, Untuk mengetahui pengaruh penerapan LKPD pada model pembelajaran scramble terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 3 Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui tes dan dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah : berdasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan bahwa penerapan LKPD pada model pembelajaran scramble terhadap hasil belajar siswa membuahkan hasil. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata pre test 56,83 yang menunjukan kemampuan awal siswa. Kemudian setelah menggunakan LKPD pada model pembelajaran scramble nilai rata-rata post test menjadi 67,16. Hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji t pada data post test tersebut diperoleh nilai thitung = 6,70 (dk) = (n1= n – 1; n2= n – 1) (n1= 36 – 1 = 35; n2 = 35 – 1= 34) 35 + 34 = 69. Karena 6,70 diluar interval –1,994 ≤ thitung ≤ 1,994, maka Ho ditolak Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan LKPD pada model pembelajaran scramble terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Kata kunci : Hasil Belajar PAI, Model Pembelajaran Scramble, LKPD
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 24 Mei 2019 02:41 |
Perubahan Terakhir: | 24 Mei 2019 02:41 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3936 |
Actions (login required)
Lihat Item |