Sari, Jamak (2019) Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq dalam Pembinaan Karakter Siswa (Studi di MA Nurul Muhtadin Waringinkurung, MAN I Kota Cilegon dan MA Nurul Hidayah Bojonegara,. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
Halaman Judul.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (91kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN)
OUT LINE JAMAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (736kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I - V)
TESIS BR LG REVISI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (264kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Jamak Sari, Nim 1540101297 Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq dalam Pembinaan Karakter Siswa (Studi di MA Nurul Muhtadin Waringinkurung, MAN I Kota Cilegon dan MA Nurul Hidayah Bojonegara, Tesis, Program Study Pendidikan Agama Islam (PAI), Pascasarjana, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten 2019. Manusia yang patuh kepada kholiqnya dan berkarakter yang luhur adalah sebuah harapan dan cita-cita pendidikan Islam, perhatian pemerintah melalui perubahan kurikulum merupakan pembenahan yang diawali dari bangku pendidikan, buruknya karakter akan mempengaruhi generasi bangsa. perubahan sistem pendidikan dimulai dengan evaluasi kurikulum yang telah mengantar menuju kurikulum yang disempurnakan yaitu, kurikulum 2013. Rumusan masalah pada pada penelitian ini adalah : 1) Bagaimana memahami, menilai, dan menerapkan kurikulum 2013 mata pelajaran aqidah akhlaq dalam pembinaan karakter siswa MAN 1 Kota Cilegon, MA Nurul Muhtadin Tigamaya Waringinkurung, dan MA Nurul Hidayah Bojonegara. 2) Apa faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran aqidah akhlaq dalam pembentukan karakter siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Cilegon, Madrasah Aliyah Nurul Muhtadin Tigamaya Waringinkurung, dan Madrasah Aliyah Nurul Hidayah Bojonegara. Tujuan dari penelitian adalah 1) untuk mengetahui memahami, menilai, dan menerapkan kurikulum 2013 mata pelajaran aqidah akhlaq dalam pembinaan karakter siswa MAN 1 Kota Cilegon, MA Nurul Muhtadin Tigamaya Waringinkurung, dan MA Nurul Hidayah Bojonegara. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran aqidah akhlaq dalam pembentukan karakter siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Cilegon, Madrasah Aliyah Nurul Muhtadin Tigamaya Waringinkurung, dan Madrasah Aliyah Nurul Hidayah Bojonegara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah : metode perpaduan antara pustaka (libery research) dan penelitian lapangan (field research), adapun langkah yang diperoleh dari lapangan yang sumber datanya melalui observasi dan wawancara. Kesimpulan yang dapat ditarik, 1) kurikulum memegang peranan yang sangat penting dalam proses pendidikan, karena kurikulum menentukan keberhasilan dalam pembinaan karakter peserta didik. 2) keberhasilan implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq terwujud apabila: (a) Implementasi kurikulum mata pelajaran Aqidah Akhlaq bukan bergantung pada guru, namun melibatkan semua elemen yang ada disekolah turut mendukung (b) kesiapan merubah mindset dan pemahaman guru terhadap kurikulum 2013 pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq. (c) fasilitas yang menunjang terhadap mata pelajaran Aqidah Akhlaq sehingga seorang guru dapat beraktivitas dan berkreativitas. Kata Kunci : Implementasi, Kurikulum 2013, Aqidah Akhlaq
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Magister |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 23 Mei 2019 02:00 |
Perubahan Terakhir: | 23 Mei 2019 02:00 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3915 |
Actions (login required)
Lihat Item |