Hubungan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kepemimpinan Siswa Pramuka.

SABDA, MORA (2019) Hubungan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kepemimpinan Siswa Pramuka. Diploma atau S1 thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SERANG BANTEN.

[img] Teks
COVER -DAFTAR ISI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (476kB)
[img] Teks
TESIS I-V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (10MB)

Abstrak

MORA SABDA. NIM: 162040014. Hubungan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kepemimpinan Siswa Pramuka. Tesis, Serang: Program Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten 2019. Siswa sebagai „agent of change‟ harus dapat memberikan perubahan dan perkembangan didalam masyarakat. Proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif tidak terlepas dari peran guru dalam lembaga pendidikan yang selalu membimbing siswa untuk mencapai hasil belajar yang optimal dan bermakna. Organisasi pramuka yang ada dalam lingkungan sekolah merupakan salah satu wadah dalam merealisasikan ilmu-ilmu yang telah didapat oleh siswa melalui proses pembelajaran maupun melalui pelatihan-pelatihan dengan harapan siswa menjadi seorang pemimpiann yang mampu mengontrol dirinya kearah yang lebih positif serta terhindar dari gejolak negatif. Melalui organisasi pramuka untuk dapat mengembangkan kemampuan, bakat, minat, kreatifitas, kemampuan sosial, kecerdasan emosional, kemampuan pemecahan masalah, kemandirian, dan penguasaan IPTEK dalam kepemimpinan untuk mewujudkan terciptanya generasi muda harapan bangsa. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan latihan dasar kepemimpinan siswa dan kecerdasan emosional dengan kepemimpinan siswa pramuka. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 2 Serang. Jenis penelitian ini adalah pnelitian korelasional sebab akibat dengan pendekatan ex-post facto. Pada siswa kelas XI MAN 2 Kota Serang sebagai responden yang berjumlah 371 siswa dengan sampel sebanyak 55 orang siswa yang diambil secara random, dengan variabel X1 (latihan dasar kepemimpinan siswa) dan variable X2 (kecerdasan emosional) dengan variable Y (kepemimpinan siswa pramuka). Instrument penelitian untuk pengumpulan data dengan menggunakan angket (non test) untuk variable X1, X2 dan Y. Sebelum instrument digunakan terlebih dahulu dilakukan uji coba kepada 30 siswa MAN 2 Kota Serang untuk mengetahui validitas dan reabelitas instrument penelitian, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda dengan taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa hal ini ditunjukan dari persamaan regresi, analisis regersi linear ganda Y = 53.996 + 0.046X1 vii + 0.512X2, koefisien korelasi (R) sebesar 0.435 dan koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0.19% dari hasil F sebesar 6.082. Latihan dasar kepemimpinan siswa dan kecerdasan emosional mempunyai hubungan posisitif terhadap kepemimpinan siswa pramuka dengan kontribusi sebesar 19% sedangkan 81% ditentukanoleh variable lainnya yang tidak dimasukan kedalam model ini. Dapat dinyatakan (Ha) telah diterima, terdapat hubungan positif dan signifikan antara latihan dasar kepemiminan siswa dan kecerdasan emosional terhadap kepemimpinan siswa pramuka. Kata kunci: Latihan Dasar Kepemimpinan

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 153 Mental proses & kecerdasan
Divisi: Pascasarjana
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 23 Mei 2019 01:59
Perubahan Terakhir: 23 Mei 2019 01:59
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3900

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.