Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Wali Kelas dalam Menanamkan Sikap Hormat Siswa (Penelitian di SMK Mitra Bintaro Kota Tangerang)

Syahril, Muhamad (2019) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Wali Kelas dalam Menanamkan Sikap Hormat Siswa (Penelitian di SMK Mitra Bintaro Kota Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SERANG BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER TESIS)
CAVER TESIS 11-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (108kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN)
Lembar pengesahan 11 dll.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (816kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I - V)
TESIS.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama : Muhamad Syahril, NIM : 162010011, Judul Tesis : Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Wali Kelas dalam Menanamkan Sikap Hormat Siswa (Penelitian di SMK Mitra Bintaro Kota Tangerang) Peran sebagai pola perilaku seseorang yang dihasilkan dari pemahaman seseorang terhadap kontruk orang lain, yaitu orang yang terlibat dalam suatu pekerjaan. Peran guru pendidikan agama Islam dan Wali kelas adalah perilaku yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dan Wali kelas dalam pembelajaran yang diaplikasikan dalam sekolah dengan melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai guru. Sedangkan sikap hormat siswa adalah sikap yang harus dimiliki dan dilakukan siswa terhadap pendidik dengan menghargai dan sopan dalam segala hal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan sikap hormat siswa. Bagaimana peran Wali Kelas dalam menanamkan sikap hormat siswa dan. Bagaimana Dampak peran guru pendidikan agama Islam dan Wali kelas dalam menanamkan sikap hormat siswa di SMK Mitra Bintaro Kota Tangerang. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan sikap hormat siswa. Untuk mengetahui peran Wali kelas dalam menanakan sikap hormat siswa. Untuk mengetahui dampak peran guru pendidikan agama Islam dan Wali kelas dalam menanamkan sikap hormat siswa. Dan kegunaannya adalah untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam dan Wali kelas dalam menanamkan sikap hormat siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan intrumen penelitian, observasi, wawancara, dokumentasi, studi pustaka, dalam hal ini penting menggunakan buku-buku literatur yang berkaitan dengan penelitian yang penulis lakukan. Metode penelitian secara deskriptif ini digunakan untuk mengamati fenomena di lapangan. Hasil Penelitian Peran guru pendidikan agama Islam dan Wali kelas dalam menanamkan sikap hormat siswa meliputi pembiasaan mengucapkan salam antara guru dan siswa, pembentukan sikap hormat meliputi menghargai guru dan menghargai orang lain. Pembentukan sikap disiplin meliputi keteladanan dan kepatuhan. Simpulan dari hasil penelitian adalah guru pendidikan agama Islam dan Wali kelas menanamkan pembiasaan kepada siswa untuk mengucapkan salam dan mencium tangan ketika berjumpa dengan guru dan ketika berjumpa dengan siswa lain, menanamkan pembiasaan berdoa sebelum dan sesudah melakukan aktifitas pembelajaran, memberikan contoh keteladanan yang baik bagi siswa, dengan datang tepat waktu. Kata kunci : Guru Pendidikan Agama Islam, Wali Kelas, Siswa

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Magister
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 23 Mei 2019 01:57
Perubahan Terakhir: 23 Mei 2019 01:57
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3848

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.