Implementasi Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi di SMA Negeri 6 Kab. Tangerang, SMA Negeri 15 Kab. Tangerang dan SMA Negeri 18 Kab. Tangerang)

Bisri, M.Kholil (2019) Implementasi Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi di SMA Negeri 6 Kab. Tangerang, SMA Negeri 15 Kab. Tangerang dan SMA Negeri 18 Kab. Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SERANG BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
cover dan daftar isi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (31kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (188kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (429kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (429kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (713kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III BISRI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (208kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (919kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (92kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
daftar pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (14kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama: M.Kholil Bisri, NIM: 1620100080, Judul Tesis: “Implementasi strategi pembelajaran contextual teaching and learning dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 6 Kab Tangerang SMA Negeri 15 Kab Tangerang dan SMA Negeri 18 Kab Tangerang” Penelitian ini dilatar belakangi oleh ditemukan bahwasanya masih banyak guru yang masih menggunakan metode ceramah dan latihan soal padahal dalam kurikulum 2013 siswa dituntut untuk lebih aktif dan kritis dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Akan tetapi, siswa merasa bosan dan kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas, Untuk itu guru perlu memerlukan strategi pembelajaran yang efektif dan efisien selain metode ceramah seperti yang selama ini dilakukan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran dikelas dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan masih kurang dan belum sesuai yang diharapkan, baik secara intelektual maupun sikap, siswa belum mencapai kopetensi yang ideal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi stategi contextual teaching and learning dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 6 Kab Tangerang, SMA Negeri 15 Kab Tangerang, dan SMA Negeri 18 Kab Tangerang. (2) Bagaimana merancang pembelajaran dengan strategi contextual teaching and learning dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 6 Kab Tangerang, SMA Negeri 15 Kab Tangerang, dan SMA Negeri 18 Kab Tangerang. (3) Bagaimana prestasi pembelajaran contextual teaching and learning dalam meningkatkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 6 Kab Tangerang, SMA Negeri 15 Kab Tangerang, dan SMA Negeri 18 Kab Tangerang? Metode yang digunakan peneliti adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Observasi, Interview (wawancara), Dokumentasi, Penelitian lapangan (Field Research). Hasil penelitian mengenai implementasi Strategi Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 6 Kabupaten Tangerang, SMA Negeri 15 Kabupaten Tangerang, dan SMA Negeri 18 Kabupaten Tangerang, bahwa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam meliputi tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksaan dan penilaian. Implementasi Strategi Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X-IPS sudah cukup baik sesuai dengan tujuan serta komponen implementasi Strategi Contextual Teaching and Learning terlihat dari cara guru menyampaikan materi dengan mengajak siswa mengamati langsung, kemudian berdiskusi, membuat kelompok belajar, serta mengarahkan siswa mengaitkan materi dengan kehidupan nyata. Prestasi belajar dengan implementasi Strategi Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 6 Kabupaten Tangerang, SMA Negeri 15 Kabupaten Tangerang, dan SMA Negeri 18 Kabupaten Tangerang, pembelajaran ini lebih bermakna dan riil, artinya siswa dituntut untuk dapat menangkap hubungan antara pengalaman belajar di sekolah dengan kehidupan nyata. Sebab dengan dapat mengorelasikan materi yang ditemukan dalam kehidupan nyata, bukan saja bagi siswa materi itu akan berfungsi secara fungsional, akan tetapi materi yang mudah dipelajarinya akan tertanam erat dalam memori siswa, sehingga tidak akan mudah dilupakan

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: PASCASARJANA
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 15 Mei 2019 01:39
Perubahan Terakhir: 29 Jan 2024 03:23
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3792

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.