Mukhlisin, Mukhlisin (2019) Gaya Kepemimpinan Pengaruh dan Supervisi Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Studi di MTsN 2 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SERANG BANTEN.
Arsip (FULL TESIS)
tesisb5.zip Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) |
Abstrak
Mukhlisin NIM: 172041035 judul tesis: Gaya Kepemimpinan Pengaruh dan Supervisi Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Studi di MTsN 2 Kota Serang). Masyarakat mempunyai harapan yang berlebih terhadap guru. Keberhasilan atau kegagalan madrasah sering dialamatkan kepada guru. Oleh karena itu, sebaik-baiknya kurikulum, fasilitas, sarana dan prasarana pembelajaran, tetapi jika kualitas gurunya rendah maka sulit untuk mendapatkan hasil pendidikan yang bermutu tinggi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja pendidik dan tenaga kependidikan?; (2) Bagaimana pengaruh supervisi Kepala Madrasah terhadap kinerja pendidik dan tenaga kependidikan?; (3) Apa pengaruh gaya kepemimpinan dan supervisi Kepala Madrasah secara bersama-sama terhadap kinerja pendidik dan tenaga kependidikan di MTsN 2 Kota Serang?; Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja pendidik dan tenaga kependidikan, (2) Untuk mengetahui pengaruh supervisi Kepala Madrasah terhadap kinerja pendidik dan tenaga kependidikan; (3) Untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan supervisi Kepala Madrasah secara bersama-sama terhadap kinerja pendidik dan tenaga kependidikan di MTsN 2 Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitiatif korelasional dengan instrumen penelitian: angket. Penelitian dilaksanakan di MTsN 2 Kota Serang, dengan populasi 43 responden, sehingga peneliti mengambil seluruhnya sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian ini adalah: pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dapat dilihat berdasarkan besarnya kontribusi variabel X1 kepada Y yang mencapai angka 23,04 % dengan kategori rendah; Sedangkan supervisi kepala madrasah terhadap kinerja pendidik dan tenaga kependidikan di MTsN 2 Kota Serang besarnya kontribusi variabel X2 dengan Y sebesar 38,44 % dengan kategori sedang; dan berdasarkan hasi uji hipotesis penelitian menyatakan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima artinya terdapat pengartuh yang signifikan antara gaya kepemimpinan dan supervisi kepala madrasah secara bersama-sama terhadap kinerja pendidik dan tenaga kependidikan di MTsN 2 Kota Serang. Dengan besarnya kontribusi kedua variabel bebas kepada variabel terikat sebesar 68,89%. Sedangkan sisanya sebesar 31,11% dipengaruhi faktor lain.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 379 Peraturan-peraturan Pendidikan |
Divisi: | Magister |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 15 Mei 2019 01:38 |
Perubahan Terakhir: | 15 Mei 2019 01:38 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3769 |
Actions (login required)
Lihat Item |