Analisis Rendahnya Hasil Belajar Matematika dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV di SDN Serang 11.

Holidan, Holidan (2019) Analisis Rendahnya Hasil Belajar Matematika dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV di SDN Serang 11. Diploma atau S1 thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SERANG BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (23kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN)
Halaman Awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (292kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I -V)
BAB 1-5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (593kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (41kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Holidan. 142400740. 2018. Analisis Rendahnya Hasil Belajar Matematika dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV di SDN Serang 11. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis rendahnya hsil belajar matematika siswa dalam pembelajaran tematik. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya hasil belajar matematika siswa dalam pembelajaran tematik adalah tiga faktor, yaitu (1) faktor internal meliputi: adanya keterbelakangan dari siswa, kurang memahami apa yang disampaikan guru, tidak ada motivasi untuk memahami pelajaran matematik. (2) faktor eksternal meliputi: tidak ada dukungan dan perhatian dari orangtua dalam mengawal perkembangan pembelajaran siswa, merasa terganggu dengan kebiasaan temannya yang memiliki keterbelakangan. (3) faktor pendekatan belajar meliputi: kurang adanya strategi dan metode khusus yang diterapkan oleh guru dalam menarik perhatian siswa dalam pembelajaran. Strategi yang dapat diterapkan dalam menangani rendahnya hasil belajar matematika siswa adalah dengan tiga hal (1) dengan memberikan gambaran mengenai materi yang disampaikan denagn pengetahuan-pengetahuan yang telah mereka punya melalui pengalaman-pengalaman mereka sehingga menimbulkan ide-ide baru, (2) menempatkan mereka dengan siswa yang mempunyai kemampuan lebih dari mereka yang mempunyai jiwa sosial tinggi sehingga mampu berbagi informasi dan berinteraksi dengan mereka yang mempunyai hasil belajar rendah (3) peran utama dari guru untuk memberikan strategi dan metode yang menarik untuk disampaikan yang membuat siswa tertarik untuk belajar matematika. Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Pembelajaran Tematik

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 15 Mei 2019 01:38
Perubahan Terakhir: 15 Mei 2019 01:38
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3764

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.