Cahyani, Eka Putri (2019) Pengaruh Model Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan di SMP Negeri 4 Pasar Kemis Kabupaten Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SMH BANTEN.
Abstrak
Nama: Eka Putri Cahyani, NIM: 15250040, Judul Skripsi: Pengaruh Model Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan di SMP Negeri 4 Pasar Kemis Kabupaten Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat ketercapaian model kepemimpinan transformasional kepala sekolah, (2) mengetahui tigkat ketercapaian mutu pendidikan, (3) dan mengetahui apakah terdapat pengaruh model kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap mutu pendidikan di SMP Negeri 4 Pasar Kemis Kabupaten Tangerang. Dalam madrasah yang memiliki mutu yang tinggi terdapat kepala sekolah yang bermutu, yang menjalankan kepemimpinan transformasional dengan baik, tugas serta fungsinya sebagai seorang kepala sekolah, membantu serta mendorong, memotivasi guru dalam meningkatkan prestasinya serta profesional guru dalam mendidik peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik regresi dan korelasi. Sampel berjumlah 45 responden diambil dari populasi dengan teknik Random Sampling. Angket model kepemimpinan transformasional kepala sekolah adalah dimensi pengaruh idealisme, konsiderasi individual, stimulasi intelektual, perhatian individu. Sedangkan angket mutu pendidikan adalah dimensi perbaikan terus-menerus, standar mutu, perubahan kultur, perubahan organisasi, hubungan dengan pelanggan. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif meliputi menghitung tabel frekuensi, mean, modus, median, varians, simpangan baku, histogram dan poligon. Sedangkan analisis inferensial menggunakan regresi dan korelasi. Dari perhitungan menggunakan rumusan regresi sederhana dan korelasi product moment, secara operasional dari perhitungan regresi didapatkan Fhitung = 9,14 dan Ftabel 4,07 maka diperoleh Fhitung > Ftabel atau 9,14 > 4,07 ini artinya regresi signifikan. Sedangkan analisis dari korelasi antara variabel X dan Variabel Y bertanda positif dengan memperhatikan besarnya rxy yang diperoleh yaitu sebesar 0,419. Kemudian pada taraf signifikansi 0,05 diperoeleh nilai rtabel sebesar 0,301. Karena rhitung lebih besar dari rtabel dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak sebesar 17,55%. Ini berarti terdapat korelasi yang positif yang cukup berarti antara pengaruh model kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap mutu pendidikan di SMP Negeri 4 Pasar Kemis Kabupaten Tangerang. Kata Kunci: Kepemimpinan, transformasional, mutu, pendidikan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 15 Mei 2019 01:36 |
Perubahan Terakhir: | 15 Mei 2019 01:36 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3727 |
Actions (login required)
Lihat Item |