Teknik Bibliotherapy dalam Meningkatkan Motivasi Santri Melanjutkan Pendidikan melalui Novel “Negeri 5 Menara”, (studi di Pondok Pesantren Alquran Baiturrahim Terpadu, Serang-Banten),

Malinda, Ayu (2019) Teknik Bibliotherapy dalam Meningkatkan Motivasi Santri Melanjutkan Pendidikan melalui Novel “Negeri 5 Menara”, (studi di Pondok Pesantren Alquran Baiturrahim Terpadu, Serang-Banten),. Diploma atau S1 thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
Cover Depan Finish Alhamdulillah.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (73kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN)
Skrpsi Depan finish alhamdulillah.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (461kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I - V)
skripsi finish alhamdulillah.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (619kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama: Ayu Malinda, NIM: 153400541, Judul Skripsi: Teknik Bibliotherapy dalam Meningkatkan Motivasi Santri Melanjutkan Pendidikan melalui Novel “Negeri 5 Menara”, (studi di Pondok Pesantren Alquran Baiturrahim Terpadu, Serang-Banten), Tahun 2018-2019. Novel merupakan salah satu jenis dari sastra imajinatif yang memiliki cabang puisi dan prosa.Penulis fiksi harus dapat menghidupkan tokoh, peristiwa dan cerita.Baik berdasarkan fakta maupun buatan, atau berasal dari daya imajinatif penulis, tidak sedikit kisah di dalam novel yang mampu memberikan kesan positif bagi pembacanya.Efek ini juga mampu memberikan pengaruh terhadap seseorang dalam menyikapi kehidupannya di dunia nyata. Berdasarkan uraian di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana teknik bibliotherapy terhadap perilaku kognitif klien untuk meningkatkan motivasi santri melanjutkan pendidikan melalui novel “Negeri 5 Menara” karya Ahmad Fuadi? 2) Bagaimana hasil dari proses konseling dengan menggunakan teknik bibliotherapy dalam meningkatkan motivasi santri melanjutkan pendidikan melalui novel “Negeri 5 Menara” karya Ahmad Fuadi?Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui teknik bibliotherapy terhadap perilaku kognitif klien untuk meningkatkan motivasi santri melanjutkan pendidikan melalui novel “Negeri 5 Menara” karya Ahmad Fuadi.2) Untuk mengetahui hasil dari proses konseling dengan menggunakan teknik bibliotherapy dalam meningkatkan motivasi santri melanjutkan pendidikan melalui novel “Negeri 5 Menara” karya Ahmad Fuadi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif kualitatif, berupa kata-kata tertulis atau lisan dari objek penelitian yang diamati dengan menggunakan pendekatan konseling individual.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi kepustakaan.Penelitian ini merupakan tindakan konseling dengan menggunakan teknik bibliotherapy dalam bentuk konseling individual. Proses konseling terdiri dari 3 tahap pertemuan, yaitu tahap awal berupa wawancara latar belakang responden secara umum. Tahap kedua, saya mengajak responden untuk berdiskusi mengenai novel “Negeri 5 Menara” yang telah mereka baca sebelumnya. Tahap ketiga adalah proses mengarahkan responden untuk mulai bergerak dalam menyiapkan diri dalam mencapai cita-cita untuk melanjutkan pendidikan. Hasil dari proses konseling dapat dilihat dari kemampuan responden dalam menentukan secara pasti tujuan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sehingga mampu merencanakan persiapan yang detail terkait tujuan pendidikan yang dituju.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 374 Dewasa pendidikan
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 15 Mei 2019 01:34
Perubahan Terakhir: 15 Mei 2019 01:34
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3704

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.