Sahrudin, Didin (2019) Pembiasaan Membaca Juz ‘Amma Pada Awal Pembelajaran Dalam Pembentukan Karakter Siswa (Studi Di MTs Rina Hasanah Saketi Dan MTs Mathlaul Anwar Cikaliung Saketi Pandeglang)”. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks (COVER)
kaper TESIS.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (144kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK cadangn.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (308kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (320kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (840kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (266kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (511kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V ddn.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (216kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA leng.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (225kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Nama Mahasiswa : Pembiasaan Membaca Juz ‘Amma Pada Awal Pembelajaran Dalam Pembentukan Karakter Siswa (Studi Di MTs Rina Hasanah Saketi Dan MTs Mathlaul Anwar Cikaliung Saketi Pandeglang)”. NIM: 1640100396. Judul Tesis. “Pembiasaan Membaca Juz ‘Amma Pada Awal Pembelajaran Dalam Pembentukan Karakter Siswa (Studi Di MTs Rina Hasanah Saketi Dan MTs Mathlaul Anwar Cikaliung Saketi Pandeglang)”. Karakter merupakan tujuan pendidikan Nasional. Karakter sendiri berarti tabiat; sifat-sifat kejiwaan, watak, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain. Penanaman nilai-nilai karakter bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan pembiasaan membaca Juz’amma di awal pembelajaran, karena Al Qur’an adalah sumber ajaran Islam yang utama dan merupakan wahyu Allah yang diturunkan kepada nabi Muhammad s.aw. Rumusan masalah penelitian ini adalah : 1) Bagaiman pembiasaan membaca juz ‘amma di MTs Rina Hasanah Majau Saketi dan di MTs Mathlaul Anwar Cikaliung Saketi Pandeglang. 2) Bagaiman faktor pendukung dan faktor penghambat pembiasaan membaca juz ‘amma di MTs Rina Hasanah Majau dan MTs Mathla’ul Anwar Cikaliung Pandeglang. 3) Bagaimana pembiasaan membaca juz ‘amma dapat membentuk karakter siswa di MTs Rina Hasanah Majau Saketi Pandeglang dan MTs Mathlaul Anwar Cikaliung Saketi Pandeglang ? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pembiasaan membaca juz ‘amma di MTs Rina Hasanah Majau Saketi dan di MTs Mathlaul Anwar Cikaliung Saketi Pandeglang. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pembiasaan membaca juz ‘amma di MTs Rina Hasanah Majau dan MTs Mathla’ul Anwar Cikaliung Pandeglang. 3) Untuk mengetahui pembiasaan membaca juz ‘amma dapat membentuk karakter siswa di MTs Rina Hasanah Majau Saketi Pandeglang dan MTs Mathlaul Anwar Cikaliung Saketi Pandeglang ? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan adalah teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data (triangulasi), yang meliputi pengumpulan data,reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah; 1) Pelaksanaan pembiasaan Juz ‘Amma di MTs Rina Hasanah Majau Saketi dan MTs Mathlaul anwar cikaliung Saketi dilaksanakan pada setiap hari di awal pembelajaran dengan berbagai metode, diantaranya metode klasikal, metode individual, metode driil, dan metode pemberian tugas. 2) Faktor pendukungnya yaitu, keaktifan siswa dalam pembelajaran pembiasaan, peran aktif semua guru, dan berbagai fasilitas yang memadai terlaksananya pembiasaan membaca Juz ‘Amma. Sementara Faktor Penghambat yaitu kurangnnya alokasi waktu, kurangnnya kesadaran orang tua, adanya dampak negatif perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 3) Bahwa Pembiasaan membaca Al-Qur’an Juz ‘amma dapat membentuk karakter siswa MTs Rina Hasanah Majau dan MTs Mathlaul Anwar Cikaliung. Hal ini dibuktikan dengan data bahwa metode membaca Al-Qur’an mampu menginternalisasi berbagai karakter kedalam diri siswa diantaranya karakter religius, disiplin, tanggung jawab, jujur, rasa ingin tahu, yang merupakan fokus penelitian ini. Kata kunci : Pembiasaan Membaca Juz ‘Amma, Karakter siswa
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Magister |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 05 Apr 2019 06:58 |
Perubahan Terakhir: | 05 Apr 2019 06:58 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3625 |
Actions (login required)
Lihat Item |