POLA KOMUNIKASI POLISI DALAM MEMBANGUN KELUARGA SAKINAH (Studi Kasus di Keluarga Polisi Resort Serang)

WIGUNA, LUVI NOURMA (2017) POLA KOMUNIKASI POLISI DALAM MEMBANGUN KELUARGA SAKINAH (Studi Kasus di Keluarga Polisi Resort Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (LAMPIRAN HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (463kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (398kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (292kB)
[img] Teks
BAB III.pdf

Download (369kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf

Download (251kB)
[img] Teks
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)

Abstrak

Keluarga sakinah adalah keluarga yang setiap anggotanya senantiasanya mengembangkan kemampuan dasar fitrah kemanusiaannya,dalam rangka menjadikan dirinya sendiri sebagai manusia yang memiliki tanggung jawab atas kesejahteraan sesama manusia dan alam, sehinga oleh karenanya setiap anggota keluarga tersebut akan selalu merasa aman, tentram, damai, dan bahagia. Untuk mencapai keluarga sakinah dibutuhkan pola komunikasi yang tepat. Karena pola komunikasi yang salah bisa menyebabkan tidak terjalinnya komunikasi yang baik dengan Keluarga.Demikian pula yang terjadi pada keluarga polisi di lingkungan Polres Serang, mereka memiliki pola komunikasi tersendiri dalam mewujudkan keluarga yang mereka idamkan. Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana bentuk komunikasi verbal yang dilakukan dalam keluarga? 2) Bagaimana bentuk komunikasi nonverbal dalam keluarga? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui bentuk komunikasi verbal dalam keluarga. 2) Untuk mengetahui bentuk komunikasi nonverbal dalam keluarga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan format desain format deskriftif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi dan wawancara. Adapun hasil penelitian ini adalah: pertama,bentuk komunikasi verbal dalam keluarga menggunakan pola komunikasi verbal. Pola komunikasi tersebut bisa dilihat pada saat kegiatan sehari-hari berbincang dengan menggunakan bahasa Indonesia, pada saat makan, menonton televisi. Anggota Polri berkomunikasi secara langsung agar terjalinnya komunikasi yang baik diantara suami dan istri. Kedua, bentuk komunikasi nonverbal dalam keluarga yaitu bisa dilihat ketika tidur, mengelus rambut istri, cium tangan dan cium kening ketika suami akan berangkat ke kantor,dan melayani suami dengan penuh,mengajarkan dan mencontohkan kebiasaan positif pada anak.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Komunikasi nonverbal; pelayanan masyarakat; keluarga sakinah
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 380 Commerce, komunikasi & transportasi
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Komunikasi Dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 17 Apr 2017 01:10
Perubahan Terakhir: 17 Apr 2017 01:10
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/361

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.