POLA BIMBINGAN GURU KELAS DAN ORANG TUA DI SKH NEGERI 02 KOTA SERANG(STUDI TENTANG PENYIMPANGAN SEKSUALITAS ANAK TUNAGRAHITA PADA MASA PUBERTAS)

KHOERUNISAH, RESTI (2017) POLA BIMBINGAN GURU KELAS DAN ORANG TUA DI SKH NEGERI 02 KOTA SERANG(STUDI TENTANG PENYIMPANGAN SEKSUALITAS ANAK TUNAGRAHITA PADA MASA PUBERTAS). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (COVER)
pdf cover skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (203kB)
[img] Teks (ABSTRAK)
pdf ABSTRAK SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (624kB)
[img] Teks (BAB I S/D BAB V)
pdf SKRIPSI RESTI ACC.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (778kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
pdf DAFTAR PUSTAKA skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (286kB)
[img] Teks (LAMPIRAN DOKUMENTASI)
pdf lampiran skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (392kB)

Abstrak

Anak tunagrahita memiliki kondisi IQ di bawah rata-rata, namun secara fisik berkembang normal ditandai dengan perkembangan dorongan seksual yang sama dengan anak seusianya dan mengalami perubahan-perubahan primer dan sekunder. Hal tersebut menjadi penyebab utama timbulnya masalah-masalah yang akan dialami anak tunagrahita mulai dari masalah sulit belajar, sulit merawat diri, hingga masalah penyimpangan seksualitas. Oleh karena itu mereka membutuhkan bimbingan dan layanan mengenai pendidikan seks yang harusnya diterapkan oleh guru kelas dan orang tua. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Apa saja landasan teoritis seputar materi dan metode yang digunakan dalam memberikan pendidikan seks untuk anak tunagrahita pada masa pubertas? 2. Bagaimana bimbingan guru kelas SKh Negeri 02 Kota Serang dalam membimbing seksualitas anak tunagrahita pada masa pubertas? 3. Bagaimana bimbingan orang tua dalam membimbing seksualitas anak tunagrahita pada masa pubertas?. Adapun tujuan penelitian adalah: 1. Untuk mengetahui landasan teoritis seputar materi dan metode yang digunakan dalam memberikan pendidikan seks untuk anak tunagrahita pada masa pubertas, 2. Untuk mengetahui bagaimana bimbingan guru kelas SKh Negeri 02 Kota Serang dalam membimbing seksualitas anak tunagrahita pada masa pubertas, 3. Untuk mengetahui bagaimana orang tua dalam membimbing seksualitas anak tunagrahita pada masa pubertas. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dan metode pengumpulan datanya dengan menggunakan beberapa metode yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian awal untuk penulisan proposal skripsi dilakukan pada April 2016 dan penelitian penulisan skripsi dilakukan pada 20 September-1 Desember 2016. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu pertama, terdapat materi dan metode pendidikan seks yaitu berisi tentang akhlak, pembiasaan dalam beribadah, pengenalan alat reproduksi dan menciptakan nilai-nilai atau ajaran agama yang bertujuan untuk membentuk kepribadian siswa yang lebih baik dan melindungi ego lemah yang dimiliki anak tunagrahita. Kedua, orang tua dan guru kelas SKh Negeri 02 Kota Serang, sudah memberikan upaya preventif dan kuratif yang dipengaruhi oleh pola asuh guru kelas dan orang tua masing-masing, namun dalam memberikan bimbingan dan layanan pendidikan seks belum sesuai dengan kebutuhan anak tunagrahita. Oleh karena itu, guru kelas dan orang tua ditekankan agar memberikan bimbingan otoritatif yang di dalamnnya terdapat materi dan metode pendidikan seks yang terprogram.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): TUNAGRAHITA; PENYIMPANGAN SEKSUALITAS
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 17 Apr 2017 01:09
Perubahan Terakhir: 17 Apr 2017 01:09
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/351

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.