Sugini, Ahmad (2019) Demokrasi Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks (COVER)
SAMPUL SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (429kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI baru.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (82kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I - V)
SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA BARU.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (136kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Nama: Ahmad Sugini, NIM: 122111388, Judul Skripsi: Demokrasi Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam Pada kontek pendidikan, demokrasi diartikan sebagai dasar gagasan atau pandangan hidup yang mengutamakan persamaan hak dan kewajiban serta perlakuan yang sama bagi semua warga negara, demokrasi pendidikan merupakan yang menghargai pembawaan, persamaan dan kebebasan peserta didik dalam upaya mengembangkan diri secara optimal ke arah pembentukan pribadi yang mandiri. Pendidikan Islam merupakan pendidikan yang ideal, karena di dalamnya mengandung proses demokratisasi, pembebasan. Menurut ajaran Islam, kedudukan manusia yang satu dan yang lainya adalah sama satu-satunya yang membedakan hanyalah bagaimana ketaqwaanya kepada allah SWT. Dengan demikian pelaksanaan pendidikan yang demokratis adalah hal yang paling penting yang mesti dilakukan agar tidak ada perbedaan dan ketimpangan sosial. Teori demokrasi pendidikan, adalah pengajaran pendidikan yang semua anggota masyarakat mendapatkan pendidikan dan pengajaran yang adil. Dari latar belakang tersebut maka penulis merumusan masalah 1. Bagaimana perspektif pendidikan Islam tentang demokrasi pendidikan Islam 2. Bagaimana prinsip-prinsip demokrasi pendidikan dalam perspektif pendidikan Islam. Tujuan penelitian 1. Untuk mengetahui bagaimana perspektif pendidikan Islam tentang demokrasi pendidikan Islam. 2. Untuk mengetahui bagaimana prinsip-prinsip demokrasi pendidikan dalam perspektif pendidikan Islam dan manfaat penelitian ini adalah sebagai berikut. 1. Dari segi teoritik diharapkan dapat menjadi salah satu karya ilmiah yang mampu memperkarya wawasan pengetahuan tentang kependidikan, 2. Dari segi praksis diharapkan dapat mengembangkan pemikiran yang berguna bagi pengelolaan pendidikan, 3. Dari segi kepustakaan diharapkan dapat menjadi salah satu karya ilmiah yang menambah koleksi pustaka Islam yang bermafaat. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Deskriftif dengan studi kepustakaan (library research), seluruh data yang ada, dianalisa dengan menggunakan pendekatan deduktif dan induktif secara pendekatan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah demokrasi pendidikan Islam bahwa demokrasi ini pada dasarnya yaitu memberikan hak-hak kebebasan dan harkat martabat seseorang dan menjunjung tinggi kebebasan dan persamaan setiap orang tidak memandang perbedaan satu dengan yang lainnya. Simpulan, demokrasi pendidikan sesuai dengan pendidikan Islam yaitu memandang persamaan hak dan kebebasan sebab yang menajdi prinsip dalam demokrasi pendidikan sesuai dengan yang menjadi prinsip pendidikan Islam.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 25 Feb 2019 06:49 |
Perubahan Terakhir: | 25 Feb 2019 06:49 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3499 |
Actions (login required)
Lihat Item |