Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Peminat Layanan Pendidikan di Yayasan Pendidikan Islam Annizhomiyyah Jaha Labuan Kabupaten Pandeglang Banten

Noviardi, Adi (2019) Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Peminat Layanan Pendidikan di Yayasan Pendidikan Islam Annizhomiyyah Jaha Labuan Kabupaten Pandeglang Banten. Magister thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
Cover Depan Tesis.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (23kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN)
lembar awal persetujuan new.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (449kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (FUL TESIS)
TESIS.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (858kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Adi Noviardi, NIM: 1540400004. Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Peminat Layanan Pendidikan di Yayasan Pendidikan Islam Annizhomiyyah Jaha Labuan Kabupaten Pandeglang Banten. Seiring dengan semakin menjamurnya sekolah berbasis boarding school dewasa ini menunjukkan bahwa persaingan antar lembaga semakin kompetitif. Berdasarkan latar belakang pemikiran diatas, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana strategi pemasaran jasa pendidikan di Yayasan Pendidikan Islam Annizhomiyyah Jaha Labuan Kabupaten Pandeglang dalam meningkatkan peminat layanan pendidikan? (2) Bagaimana implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan di Yayasan Pendidikan Islam Annizhomiyyah Jaha Labuan Kabupaten Pandeglang? (3) Apa faktor pendukung dan penghambat implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan di Yayasan Pendidikan Islam Annizhomiyyah Jaha Labuan Kabupaten Pandeglang? Tujuan Penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran jasa pendidikan di Yayasan Pendidikan Islam Annizhomiyyah Jaha Labuan Kabupaten Pandeglang dalam meningkatkan peminat layanan pendidikan. (2) Untuk mengetahui bagaimana implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan di YPI Annizhomiyyah Jaha Labuan Kabupaten Pandeglang. (3) Untuk mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat dalam proses implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan di Yayasan Pendidikan Islam Annizhomiyyah Jaha Labuan Kabupaten Pandeglang. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan informasi dan evaluasi bagi segenap keluarga besar YPI Annizhomiyyah Jaha Labuan agar selalu memperbaiki kualitas layanan pendidikannya demi kemajuan Yayasan Pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan trianggulasi. Sedangkan analisisnya menggunakan analisis kualitatif (non statistik) yang bersifat deskriptif, dan kritis. Simpulan dari hasil penelitian dalam hal ini peneliti akan mengungkap tentang strategi pemasaran jasa pendidikan untuk meningkatkan peminat layanan pendidikan di YPI Annizhomiyyah Jaha Labuan Kabupaten Pandeglang Banten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, strategi pemasaran jasa pendidikan yang dilakukan YPI Annizhomiyyah Jaha Labuan Kabupaten Pandeglang Banten untuk meningkatkan peminat layanan jasa pendidikan menggunakan dua cara, yaitu: (a) Pemasaran secara langsung, yaitu; Pemanfaatan Information Technology (IT), Media Cetak; Mengirim brosur, (b) Pemasaran secara tidak langsung, yaitu; Optimalisasi kegiatan madrasah di masyarakat; Peran Santri, Orang Tua, dan Alumni. Kedua, implementasi pemasaran di Yayasan Pendidikan Islam Annizhomiyyah Jaha Labuan Kabupaten Pandeglang Banten adalah (a) Merumuskan strategi persaingan; yaitu dengan melakukan identifikasi segmentasi pasar, targetting, dan juga positioning; (b) Membuat taktik pemasaran, yaitu dengan menonjolkan differensiasi (keberbedaan positif); menerapkan teori bauran pemasaran dengan cara menawarkan produk-produk berkualitas dari Annizhomiyyah, menerapkan harga yang bersaing dengan lembaga lain; (c) Menunjukkan nilai lebih, yaitu dengan menunjukkan brand yang dimiliki Annizhomiyyah. Ketiga, faktor pendukungnya adalah; Annizhomiyyah memiliki tenaga pendidik dibidangnya masing-masing, dan faktor penghambat; belum adanya pihak sekolah yang khusus menangani strategi pemasaran.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: PASCASARJANA
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 19 Feb 2019 07:34
Perubahan Terakhir: 19 Feb 2019 07:34
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3453

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.