Suna’ah, Dede (2019) Pengaruh Strategi Usaha Ternak Ayam Di Sentra Produksi Rumah Tangga Terhadap Pendapatan Masyarakat (Studi di Kecamatan Mandalawangi Pandeglang Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Nama : Dede Suna’ah NIM : 131401424 Judul Penelitian : Pengaruh Strategi Usaha Ternak Ayam Di Sentra Produksi Rumah Tangga Terhadap Pendapatan Masyarakat (Studi di Kecamatan Mandalawangi Pandeglang Banten) Pembangunan peternakan sebagai salah satu aspek penting dalam pembangunan pertanian, terutama pada saat terjadinya krisis ekonomi dan moneter. Peran sub sektor peternakan terhadap pembangunan pertanian cukup signifikan, dimana industri perunggasan merupakan pemicu utama perkembangan usaha di sub sektor peternakan. Industri perunggasan memiliki nilai strategis khususnya dalam penyediaan protein hewani untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dan peluang ekspor, disamping peranannya dalam memanfaatkan peluang kesempatan kerja. Sektor peternekan di Kecamatan Mandalawangi merupakan salat satu Sektor pendapatan masyarakat selain dari pertanian dan pariwisata. Tidak sedikit masyarakat menggeluti usaha peternakana ayam, keuntungan yang diperoleh para pelaku usaha ternak ayam tidak bisa ditaksir berapa keuntungan yang akan diperoleh pada setiap bulannya. Berdasarkan latar belakang di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah berpengaruh strategi ternak ayam di sentra produksi rumah tangga Kec. Madalawangi terhadap pendapatan masyarakat Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh strategi usaha ternak ayam di sentra produksi rumah tangga Kec. Madalawangi terhadap pendapatan masyarakat. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan metode pengumpulan data penelitian denga cara menyebarkan angket kepada pelaku Uusaha ternak ayam di kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang dengan jumal 30 sampel/responden. Teknik analisis data menggunakan metode uji validitas, uji reliabiltas, uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana, uji t, koefisien korelasi, dan koefisien determinasi dengan bantuan program SPSS versi 23.00. Berdasarkan hasil analisis data, variabel strategi usaha ternak ayam (X) berpengaruh terhadap variabel pendapatan masyarakat (Y). hasil uji hipotesis menunjukkan nilai thitung 3,055 > 1,699 dengan nilai signifikasinya sebesar 0,005. Karena nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel 3,055 > 1,699 dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0.005 < 0,05) dapat disimpulkan bahwa variabel strategi usaha ternak ayam berpengaruh terhadap variabel pendapatan masyarakat. Adapun besar pengaruh variabel X terhadap Y berdasarkan hasil uji koefesien determinasi diperoleh angka R2 (R Square) sebesar 0.250 atau (25%) hal ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel strategi usaha ternak ayam terhadap variabel pendapatan masyarakat sebesar 25%. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 100% - 25% = 75% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi > 338 Produksi |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 19 Feb 2019 07:33 |
Perubahan Terakhir: | 19 Feb 2019 07:33 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3429 |
Actions (login required)
Lihat Item |