Pengaruh Penggunaan Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Eksperimen Kelas X Di SMK ARKID Madani Cikeusik Kab. Pandeglang)

SURETNO, ADE (2019) Pengaruh Penggunaan Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Eksperimen Kelas X Di SMK ARKID Madani Cikeusik Kab. Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
Cover_SKRIPSI_(Ade).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (108kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR ISI)
Daftar_isi_SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (102kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I - V)
BAB 1 -5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama: ADE SURETNO, NIM: 122111538, Judul Skripsi: Pengaruh Penggunaan Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Eksperimen Kelas X Di SMK ARKID Madani Cikeusik Kab. Pandeglang). Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keaktifan belajar siswa dalam belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya adalah proses pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa sehingga mereka merasa jenuh dan bosan dalam belajar. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan metode yang menyenangkan seperti metode Role Playing. Metode tersebut merupakan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar lebih aktif dengan bekerja sama dalam suatu kelompok untuk meningkatkan pemahaman mengenai materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Penerapan Metode Role Playing Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK ARKID Madani Cikeusik Kab. Pandeglang ? 2) Apakah Terhadap Pengaruh Penerapan Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK ARKI Madani Cikeusik Kab. Pandeglang ? Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Untuk mengetahui Penerapan Metode Role Playing Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK ARKID Madani Cikeusik Kab. Pandeglang. 2) Untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK ARKI Madani Cikeusik Kab. Pandeglang Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen Design adapun teknik pengumpulan data ini yaitu dengan Observasi, dan Tes. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan, maka penulis melakukan penelitian dangan metode eksperimen kuasi, metode penelitian ini yang bersifat untuk membandingkan kelas kontrol dengan kelas eksperimen yang mana kelas kontrol terdiri dari 22 sampel begitupula dengan kelas eksperimen terdiri dari 22 sampel. Teknik yang digunakan yaitu tes yang terdidi pre-test dan post-test, hasil penelitian dianalisis dengan pendekatan logika dan perhitungan statistik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 13 Feb 2019 07:05
Perubahan Terakhir: 13 Feb 2019 07:05
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3354

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.