Juanda, Juanda (2019) Dakwah Melalui Stand Up Comedy (Studi di Komunitas Stand Up Comedy UIN SMH Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks (COVER)
COVER STAND UP.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (65kB) |
|
Teks (SURAT PERNYATAAN)
SURAT PERNYATAAN STAND UP.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (645kB) |
|
Teks (BAB I -V)
BAB I-V FIXXX STAND UP-1.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (143kB) |
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (14kB) |
Abstrak
Dakwah pada dasarnya adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh umat Islam untuk menyebarluaskan dan menyiarkan ajaran Islam. Seiring pekembangan zaman, dakwah melalui televisi sangatlah cepat diterima. Hampir semua kalangan masyarakat saat ini mempunyai televisi dan memilih program yang mereka suka sebagai hiburan, wawasan ataupun tambahan ilmu pengetahuan baik agama maupun umum. Program variety show merupakan program acara televisi yang memadukan antara berbagai macam jenis hiburan, panggung televisi seperti lawak, lagu, dan drama. Variety show adalah format acara televisi yang mengkombinasikan berbagai format lainnya, seperti talkshow, magazineshow, quiz, gameshow, musik concert, drama dan sitcom (komedi situasi). Stand Up Comedy yang merupakan salah bentuk dari program acara variety show saat ini begitu populer di jagad hiburan Indonesia. Secara umum stand up comedy adalah lawakan atau komedi yang dilakukan diatas panggung oleh seseorang yang melontarkan serangkaian lelucon yang berdurasi 10 menit sampai 45 menit. Rumusan penelitian ini (1) Apa pesan dakwah yang disampaiakan dalam stand up comedy UIN SMH Banten?,(2) Bagaimana efek dakwah dalam stand up comedy UIN SMH Banten?. Tujuan penelitian ini (1) Untuk mengetahui apa saja pesan dakwah yang digunakan dalam stand up comedy Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten. (2)Untuk mengetahui Bagaimana efek dakwah dalam stand up comedy Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan memakai metode deskriptif kualitatif. Untuk mendapatkan data yang valid, penulis menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) pesan dakwah yang disampaikan oleh stand up comedy UIN Banten, berhubungan dengan materi dakwah yaitu masalah akidah, masalah syariah dan masalah akhlak. Dari ketiga aspek yang diuraikan di atas bahwa peneliti dapat menyimpulkan materi yang disampaikan lebih banyak kepada aspek yang berkaitan tentang akhlak, akan tetapi materi syariah dan akidah juga termasuk tetapi tidak lebih dominan seperti masalah tentang akhlak. (2) Efek dakwah yang dilakukan oleh stand up comedy UIN Banten yaitu dari uraian ketiga efek dakwah diatas kebanyakan efek dakwah bagi para pendengar itu lebih dominan kepada efek kognitif dan efek afektifnya. dan hanya sedikit berperan dalam efek behavioral. Jadi, hadirnya stand up comedy UIN Banten lebih hanya membuat orang mengatahui dan termotivasi saja tidak sampai merubah perilakuknya.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 08 Jan 2019 04:56 |
Perubahan Terakhir: | 27 Mar 2024 02:57 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3296 |
Actions (login required)
Lihat Item |