KONSELING RATIONAL EMOTIVE THERAPY UNTUK MENGATASI PERILAKU BULLYING PADA SISWA SMPN 20 KOTA SERANG

Putri, Indri Ikada (2019) KONSELING RATIONAL EMOTIVE THERAPY UNTUK MENGATASI PERILAKU BULLYING PADA SISWA SMPN 20 KOTA SERANG. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

[img] Teks (COVER)
COVER B5 ok.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (26kB)
[img] Teks (PERNYATAAN KEASLIAN)
PERNYATAAN KEASLIAN B5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (364kB)
[img] Teks (FULL SKRIPSI)
skripsi full B5 Finish.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (641kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA B5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (160kB)

Abstrak

Perilaku bullying merupakan tindakan negatif yang dilakukan secara berulang oleh seseorang atau sekelompok orang yang bersifat menyerang karena adanya ketidak seimbangan kekuatan antara pihak yang terlibat. Contoh perilaku bullying adalah: mengejek, menyebarkan gosip, menghasut, mengucilkan, menakut-nakuti (intimidasi) mengancam, menindas, meledek, hingga menyerang secara fisik seperti mendorong, menampar atau memukul. Begitu pula dengan yang terjadi di SMPN 20 Kota Serang, dimana di sekolah tersebut kerap terjadi prilaku bullying yang sering di lakukan oleh siswa dan siswinya, yang mana bentuknya pun beragam ada yang berbentuk kontak fisik lansung seperti menarik kerudung, dan kontak verbal langsung seperti: mengejek nama orang tua, mengganggu, menyebarkan gosip dan sebagainya. Akibat dari maraknya prilaku bullying banyak siswa/siswi yang terganggu secara kejiwaannya seperti sakit hati, dendam, murung, dan lain sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penyebab dan bentuk-bentuk perilaku bullying yang terjadi. Untuk mengetahui penerapan konseling dan dampak RET pada pelaku bullying yang ada di SMPN 20 Kota Serang. Metode penelitian adalah penelitian kualitatif, dengan objek penelitian lima responden pelaku bullying yang mendeskripsikan hasil dari pelaksanaan konseling tersebut. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penyebab perilaku bullying yang terjadi di SMPN 20 Kota Serang yaitu, pelampiasan, dendam, dan egois (keraskepala). Sehingga saya melakukan tindakan dengan menggunakan teknik Rational Emotive Therapy (RET). Terdapat beberapa tahap dalam melaksanakan teknik RET, yaitu: perkenalan, asesmen, pemberian konseling RET, evaluasi dan penutup. Secara umum penerapan RET pada pelaku bullying berdampak positif pada para responden sudah mulai mengurangi tindakan bullying.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.21 Fungsionaris da’wah, wali, ulama, kiai, dai
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Komunikasi Dan Penyiaran Islam
User Penyetor: Tina
Tanggal Disetorkan: 08 Jan 2019 04:56
Perubahan Terakhir: 08 Jan 2019 04:56
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3295

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.