Anshoriyah, Siti (2018) Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Studi di MTs Khairul Mufied Jawilan Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
Teks (COVER)
COVER SKripsi.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (36kB) |
|
Teks (LAMPIRAN)
jurnal VIKS.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (45kB) |
|
Teks (FULL SKRIPSI)
skripsi fixs (Recovered).docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (240kB) |
Abstrak
Latar belakang dalam penelitian ini yaitu kurang efektifnya penggunaan media pembelajaran sehingga menjadi rendahnya motivasi belajar siswa-siswi MTs Khairul Mufied Jawilan Kabupaten Serang, motivasi belajar siswa juga bisa melalui media pembelajaran seperti halnya dengan menggunakan media audio visual, penggunaan media yang tepat yang digunakan oleh guru dapat menumbuhkan motivasi dalam diri siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penggunaan media audio visual dalam memotivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Khairul Mufied Jawilan Kabupaten Serang, bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Khairul Mufied Jawilan Kabupaten Serang, dan bagaimana pengaruh media audio visual terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Khairul Mufied Jawilan Kabupaten Serang. Tujuan penulisan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui penggunaan media Audio Visual di MTs Khairul Mufied Jawilan Kabupaten Serang, 2) untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam, dan 3) untuk mengetahui pengaruh media Audio Visual terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam. Dan manfaatnya yaitu memberikan manfaat baik secara teoritis maupun praktis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Hasil dari analisis persentasi data pada variabel X berjumlah 61,27 % yang berarti media audio visual (variabel X) berdistribusi normal, kemudian variabel Y berjumlah 62,17 % yang berarti motivasi belajar (variabel Y) berdistribusi normal. Simpulan yang diperoleh berdasarkan hasil analisis korelasi dengan menggunakan product moment (rxy) diperoleh nilai korelasi sebesar 0,682. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar siswa terdapat korelasi yang sangat tinggi atau sangat baik sehingga dalam penelitian ini H_1 diterima. Adapun kontribusi media audio visual terhadap motivasi belajar siswa berpengaruh sebesar 54,90% dibulatkan menjadi 55% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang dapat diteliti kembali.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 21 Des 2018 01:24 |
Perubahan Terakhir: | 21 Des 2018 01:24 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3265 |
Actions (login required)
Lihat Item |