Sunaebah, Sunaebah (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak (Studi Eksperimen di Kelas VII MTs Darul Irfan Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
|
Teks (COVER)
cover 2.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (18kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN)
LAMPIRAN AWAL.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (81kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I -V)
BAB I-III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (506kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kreativitas belajar siswa, terutama pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Hal ini disebabkan karena guru kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, sehingga siswa hanya mendengarkan materi yang disampaikan guru saja. Kurangnya penguasaan guru terhadap model pembelajaran juga menjadi salah satu faktor penyebab dari rendahnya kreativitas belajar siswa, guru lebih sering menggunaan metode ceramah pada saat pembelajaran, sehingga siswa mudah bosan dan jenuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui penerapan model pembelajaran group investigation pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VII MTs Darul Irfan Kota Serang, untuk mengetahui kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VII MTs Darul Irfan Kota Serang dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VII MTs Darul Irfan Kota Serang. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat baik secara teoretis maupun praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Kemudian, dalam penelitian ini juga menggunakan desain nonequivalent control group design, dimana penelitian melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket. Hasil penelitian ini diperoleh signifikansi korelasi dengan ᵗhitung = 2,17 dan ᵗtabel = 1,725. Dimana ᵗhitung (2,17) > ᵗtabel (1,725), maka hipotesis alternatif (Ha) diterima, dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Simpulan yang diperoleh dari skripsi ini yaitu terdapat korelasi positif yang signifikan antara model pembelajaran group investigation terhadap kreativitas belajar siswa.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.37 Perbandingan system pendidikan Islam dan lainnya |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 17 Des 2018 01:46 |
Perubahan Terakhir: | 17 Des 2018 01:46 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3214 |
Actions (login required)
Lihat Item |