POLA PENGASUHAN DAN PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK (Studi Kasus di Tempat Penitipan Anak (TPA) Bina Bangsa Islamic School Kota Serang)

HURAEROH, EROH (2017) POLA PENGASUHAN DAN PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK (Studi Kasus di Tempat Penitipan Anak (TPA) Bina Bangsa Islamic School Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Arsip (LAMPIRAN SKRIPSI PENUH)
skiripsi Eroh.pdf.zip
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstrak

Orang tua seharusnya bertindak proaktif dengan anak. Akan tetapi dengan majunya era zaman merubah tatanan cara dan fungsi orang tua yang dimana para orang tua lebih memilih menitipkan anakanaknya ditempat penitipan anak, dengan beberapa alasan mengapa orang tua anak menitipkan anaknya di Tempat Penitipan Anak (TPA), salah satunya alasan kedua orang tua sibuk bekerja, terutama ibu yang memilih untuk menjadi wanita karir. Tempat Penitipan Anak (TPA) Bina Bangsa Islamic School disana ada PAUD terpadu yakni didalamnya menerima TPA anakasuhatau yangdititipkanolehpara orang tua.Berdasarkan data dan argumentasi diatas, penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam dampak pola asuh anak di Tempat Penitipan Anak (TPA) Bina Bangsa Islamic School. Dengan rumusan masalah 1. Bagaimana pola asuh anak yang diterapkan di Tempat Penitipan Anak (TPA) Bina Bangsa Islamic School ? 2. Apa saja faktor yang mempengaruhi orang tua menitipkan anaknya di Tempat Penitipan Anak (TPA) Bina Bangsa Islamic School ? 3. Bagaimana bagaimana dampak dari pola asuh anak terhadap pembentukan karakter anak di Tempat Penitipan Anak (TPA) Bina Bangsa Islamic School? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui pola asuh anak yang telah diterapkan di Tempat Penitipan Anak (TPA) Bina Bangsa Islamic School.2. Untuk mengetahui faktor-faktor orang tua yang menitipkan anaknya di Tempat Penitipan Anak (TPA) Bina Bangsa Islamic School.3. Untuk mengetahui dampak dari pola asuh anak khususnya terhadap perubahan perilaku anak dan pembentukan karakter pada anak. Metode yang digunakan bersifat kualitatif atau bersifat lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan dekskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dari lapangan dan diuraikan secara dekskriptif dan komprehensif, guna menanangkap informasi baru yang terjadi dilapangan. Dengan metode wawancara maupun dari sumber tertulis. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini yaitu Hasil analisis Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara yang peneliti Cara belajarnya pula disini dengan cara belajar sambil bermain bahkan menggunakan-menggunakan media-media seperti media televisi, media balok, mainan congklak dan bahkan buku cerita yang dapat merangsang stimulus anak bekerja dengan baik dan psikomotorik dan kognitifnya berkerja dengan optimal. Bermain sambil belajar adalah cara yang efektif untuk anak yang usia prasekolah, untuk memicu sosialisasi anak. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi orang tua menitipkan anak-anaknya tentu sangat banyak, memang faktor utamanya adalah orang tua memiliki waktu yang sangat terbatas didalam rumah dengan kata lain mereka sibuk bekerja sehingga anakanak tidak ada yang mengurusi ataupun yang mengasuh

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): POLA PENGASUHAN
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 17 Apr 2017 01:08
Perubahan Terakhir: 17 Apr 2017 01:08
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/321

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.