Nur’aini, Suti (2018) Pendekatan Behavioral dalam Mengatasi Anak Temper Tantrum (Studi Kasus di PAUD Bina Umaat Linduk-Pontang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks (COVER)
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (141kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN)
PERNYATAAN, ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (221kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (165kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (FULL SKRIPSI)
SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (637kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (166kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Setiap anak termasuk individu unik yang mempunyai eksistensi dan memiliki jiwa sendiri, serta mempunyai hak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai dengan iramanya masing-masing yang khas. Anak tumbuh dan berkembang dari keluarga dan lingkungan yang mempengaruhi, keadaan sosial mempengaruhi emosi anak yang belum stabil, yang belum mampu mengelola emosinya. Hal ini merupakan perilaku yang menyebabkan anak mengalami temper tantrum pada usia pra-sekolah. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis merumuskan masalah penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana perilaku anak temper tantrum di PAUD Bina Umat Linduk-Pontang? (2) Bagaimana terapi behavioral untuk mengatasi anak temper tantrum di PAUD Bina Umat Linduk-Pontang? (3) Bagaimana perilaku anak temper tantrum di PAUD Bina Umat Linduk-Pontang setelah diberikan terapi?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui perilaku anak temper tantrum di PAUD Bina Umat Linduk-Pontang. (2) Mengetahui terapi behavior dapat mengatasi masalah anak temper tantrum di PAUD Bina Umat Linduk-Pontang. (3) Mengetahui Perilaku Anak Temper Tantrum di PAUD Bina Umat Linduk-Pontang setelah mendapatkan Terapi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan analisis tindakan. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) perilaku anak temper tantrum mengalami temper tantrum yaitu: melukai dirinya sendiri, melukai orang lain di sekitarnya, berkata kasar, buang air kecil di celana (mengompol), mengamuk, kurangnya rasa percaya diri, menolak jika diperintah padahal yang diperintahkan pun adalah kebutuhannya, merasa tidak dianggap keberadaannya oleh teman-teman bermain dan teman-teman sekolahnya, sering diledek, rasa ingin selalu menang sendiri dan tidak ingin terkalahkan. (2) langkah konseling behavioral dalam mengatasi anak temper tantrum diantaranya: asessmen (asessment), menentukan tujuan (goal setting), implementasi teknik (technique implementation), evaluasi dan pengakhiran (evaluation termination). (3) Setelah melakukan konseling behavioral mulai ada perubahan pada beberapa anak, yaitu: anak temper tantrum menyadari bahwa apa yang dilakukannya adalah sesuatu yang dapat membahayakan diri dan orang lain, mengendalikan emosinya dan cari perlindungan, menggunakan waktunya dengan baik, berinteraksi baik dengan lingkungan sosial, menerima keadaan yang telah terjadi.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 303 Sosial proses |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 11 Des 2018 10:04 |
Perubahan Terakhir: | 03 Apr 2024 03:54 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3183 |
Actions (login required)
Lihat Item |