KHOTIMAH, HUSNUL (2017) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi di SMP Khairul Huda Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.
Teks (COVER)
COVER.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (99kB) |
|
Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.doc Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (38kB) |
|
Teks (RIWAYAT HIDUP)
RIWAYAT HIDUP.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (16kB) |
|
Teks (BAB I)
BAB I revisi.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (27kB) |
|
Teks (BAB II)
BAB II.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (48kB) |
|
Teks (BAB III)
BAB III.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (62kB) |
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.doc Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (269kB) |
|
Teks (BAB V)
BAB V.doc Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (36kB) |
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (17kB) |
Abstrak
Dalam suatu proses belajar mengajar, kompetensi pedagogik perlu dimiliki oleh seorang guru, karena kompetensi pedagogik adalah kemampuan guru mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi, pemahaman tentang peserta didik, pengembangan kurikulum atau silabus, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, evaluasi hasil belajar, misalnya pada perancangan pembelajaran guru harus memperhatikan media metode yang digunakan agar bisa menarik perhatian dan minat siswa pada pelajaran yang disampaikan oleh guru terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Landasan teori yang peneliti gunakan adalah teori tentang kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan guru dalam mendidik peserta didik terhadap pengelolaan pembelajaran. Diantaranya pada pemahaman peserta didik, pengembangan kurikulum/silabus, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar. Oleh karena itu guru harus mempunyai kemampuan agar peserta didik merasa senang dalam mengikuti pelajaran terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Kaitanya dengan objek penelitian, yaitu di Khairul Huda Kota Serang maka rumusan masalah yang diambil adalah bagaimana kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di SMP Khairul Huda Kota Serang, bagaimana minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SMP Khairul Huda Kota Serang, dan apakah terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Khairul Huda Kota Serang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pedagogik Pendidikan Agama Islam SMP Khairul Huda Kota Serang, untuk mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SMP Khairul Huda Kota Serang, untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Khairul Huda Kota Serang dengan jumlah sampel 35 siswa, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian jenis deskriptif kuantitatif adalah suatu proses penelitian untuk menemukan pengetahuan yang menggunakan data berupa angka sebagai alat untuk menemukan keterangan mengenai apa yang ingin diketahui. Sedangkan teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu korelasi Product moment, di mana teknik ini digunakan untuk mencari hubungan dan membuktikan hipotesis hubungan antara dua variabel atau lebih. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi dan penyebaran angket. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan product moment (rxy) diperoleh hasil r = 0,65, berada antara (0,60 – 0,80), yang interprestasinya adalah antara variabel X (Kompetensi Pedagogik Guru) dengan variabel Y (Minat Belajar Siswa) di SMP Khairul Huda Kota Serang terdapat korelasi yang kuat atau tinggi, dengan menggunakan Coefisien Determinasi (CD), ini berarti bahwa Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru (variabel X ) dengan Minat Belajar Siswa (variabel Y) yaitu sebesar 42,25%. Sedangkan sisanya 57,75% dipengaruhi oleh faktor lain dan dapat di teliti sebagai tindak lanjut dari penelitian ini.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | KOMPETENSI PEDAGOGIK; MINAT BELAJAR |
Subjek: | 100 Filsafat & Psikologi > 107 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 07 Apr 2017 00:15 |
Perubahan Terakhir: | 07 Apr 2017 00:15 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/305 |
Actions (login required)
Lihat Item |