Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Flash Card Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an. ( Studi Eksperimen Di MTs Darul Huda Pusat. Mandalawangi Pandeglang )

Adzim, Ach. Fauzul (2018) Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Flash Card Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an. ( Studi Eksperimen Di MTs Darul Huda Pusat. Mandalawangi Pandeglang ). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

[img] Teks (COVER)
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (156kB)
[img] Teks (LAMPIRAN)
Lampiran Awal B5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (588kB)
[img] Teks (BAB I-V)
SKRIPSI I-V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
daftar psutaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (373kB)

Abstrak

Kegiatan pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang didalamnya terjadi proses yang dapat kita katakan sebagai belajar mengajar antara siswa dengan guru yang terjadi didalam ruangan tertentu. Dalam kegiatan belajar mengajar guru menyampaikan isi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran sebagai alat untuk memberikan informasi terkait materi yang akan diteriman oleh siswa. Akan tetapi penggunaan media yang telah dilakukan belum terasa efektif, sehingga hal itu akan mempengaruhi terhadap hasil belajar siswa yang belum memenuhi ketuntasan kriteria minimal. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol di MTs Darul Huda Pusat. Mandalawangi Pandeglang pada mata pelajaran Al-Qur’an Media flash card adalah suatu alat yang berupa kartu belajar yang efektif mempunyai dua sisi dengan salah satu sisi berisi gambar, teks atau tanda symbol dan sisi lainnya berupa definisi, keterangan gambar, jawaban atau uraian yang membantu meningkatkan siswa kepada sesuatu yang berhubungan dengan gambar yang ada pada kartu. Dengan demikian penggunaan media flash card akan mempengaruhi terhadap hasil belajar siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah 1) H_(o )= 0, Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran Al-Qur’an. 2) H_(i )≠ 0, Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrolpada mata pelajaran Al-Qur’an. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian Quasi Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain non equivalent control group design. Data diperoleh melalui hasil tes yaitu pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Darul Huda Pusat Mandalawangi Pandeglang Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 92 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan Simple purposive sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas VII - A (30 siswa) sebagai kelas kontrol dan kelas VII -C (30 siswa) sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nila t hitung lebih besar dari t tabel, yaitu t hitung sebesar 3.81 sedangkan t tabel sebesar 2,660 dan 2,000. Oleh sebab itu Ho ( hipotesis nol ) ditolak dan Ha ( hipotesis alternative ) diterima, degan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan media flash card lebih baik secara signifikan, dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan media biasa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Tina
Tanggal Disetorkan: 26 Nov 2018 01:17
Perubahan Terakhir: 26 Nov 2018 01:17
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3046

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.