Atiqoh, Atiqoh (2017) Peran Model Pembelajaran BCCT dalam Menanamkan Nilai-nilai Akhlakul Karimah dan Nilai-nilai Kemandirian Siswa (Studi Kasus di R.A Adduriyat Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.
Teks (COVER)
1 COVER.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (184kB) |
|
Teks (ABSTRAK)
6 ABSTRAK.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (36kB) |
|
Teks
BAB I MODEL PEMBELAJARAN UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI KEISLAMAN DAN NILAI-NILAI KEMANDIRIAN SISWA.doc Download (65kB) |
|
Teks (BAB II)
BAB II.rtf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (365kB) |
|
Teks (BAB III)
BAB III.rtf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (196kB) |
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.rtf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (252kB) |
|
Teks (BAB V)
BAB V.rtf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (89kB) |
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (22kB) |
Abstrak
Masa usia dini merupakan kelompok usia yang berada dalam proses perkembangan unik, karena proses perkembangannya (tumbuh dan kembang) terjadi bersamaan dengan golden age (masa peka). Golden age ini merupakan waktu paling tepat untuk memberikan bekal yang kuat kepada anak seperti halnya menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah dan nilai-nilai kemandirian sejak dini agar terbentuknya kepribadian anak secara utuh, yakni untuk memiliki karakter yang berkualitas dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Upaya penanaman karakter ini sangat penting untuk ditanamkan melalui lembaga PAUD semisal R.A Adduriyat karena R.A Adduriyat Kota Cilegon ini berusaha mencetak dan membentuk nilai-nilai akhlakul karimah pada anak serta nilai-nilai kemandirian anak. Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah dalam tesis ini adalah sebagai berikut :1). Bagaimana penanaman nilai-nilai akhlakul karimah di R.A Adduriyat Kota Cilegon? 2). Bagaimana penanaman nilai-nilai kemandirian di R.A Adduriyat Kota Cilegon? 3). Bagaimana penerapan model pembelajaran bcct di R.A Adduriyat Kota Cilegon? 4). Bagaimana permasalahan dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah dan nilai-nilai kemandirian siswa di R.A Adduriyat Kota Cilegon? Berangkat dari uraian permasalahan di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk: 1). mengetahui nilai-nilai akhlakul karimah yang ditanamkan di R.A Adduriyat Kota Cilegon. 2). mengetahui nilai-nilai kemandirian yang ditanamkan di R.A Adduriyat Kota Cilegon. 3). mengetahui penerapan model pembelajaran di R.A Adduriyat Kota Cilegon. 4). mengetahui permasalahan dalam menanamkan nilai akhlakul karimah dan nilai kemandirian siswa di R.A Adduriyat Kota Cilegon. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dokumentasi, catatan lapangan, tringulasi, dan member check. Kemudian melakukan analisis terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan memberi makna serta dapat diambil kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1). Penanaman nilai-nilai akhlakul karimah di R.A Adduriyat Kota Cilegon adalah menanamkan nilai keimanan, ibadah dan akhlak. Adapun metode pembelajaran yang digunakan adalah pembiasaan, keteladanan, praktik, tanya jawab, karyawisata, dan bercerita. 2). Penanaman nilai-nilai kemandirian di R.A Adduriyat Kota Cilegon adalah menanamkan empati, kemurahan hati, kerjasama, kepedulian dan tanggung jawab. Adapun metode pembelajaran yang digunakan adalah keteladanan, karyawisata dan bercerita.3). Penerapan model pembelajaran yang digunakan di R.A Adduriyat Kota Cilegon adalah Beyond Centers and Circle Time (BCCT). 4). Permasalahan dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah dan nilai-nilai kemandirian di R.A Adduriyat Kota Cilegon adalah adanya faktor penghambat dan faktor pendukung baik yang bersifat internal maupun eksternal.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Model Pembelajaran, Nilai-nilai Akhlakul Karimah, Nilai-nilai Kemandirian, Anak Usia Dini. |
Subjek: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam dan Mathemetics > 507 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 07 Apr 2017 00:15 |
Perubahan Terakhir: | 04 Jun 2024 07:44 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/294 |
Actions (login required)
Lihat Item |