PARADIGMA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF AL-GHAZALI

AENI, SITI ARFAH (2018) PARADIGMA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF AL-GHAZALI. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

[img] Teks (LAMPIRAN DEPAN)
LAMPIRAN-LAMPIRAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (260kB)
[img] Teks (BAB I S/D BAB V)
SKRIPSI ARFAH.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (611kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA baru.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (178kB)

Abstrak

Dampak negatif dari perubahan nilai - nilai, etika dan moral bangsa Indonesia saat ini hingga menampilkan karakter bangsa telah mempengaruhi terhadap sikap, tindakan dan prilaku anak - anak kita dalam menghadapi kenyataan hidupnya. Begitu juga masalah ini tela h mempengaruhi pola asuh orang tua terhadap anak - anaknya dalam keluarga, juga di lingkungan masyarakatnya yang mungkin tidak bersahabat dengan anak - anak. Mungkin juga hal ini telah mempengaruhi guru - guru kita dalam cara mendidik peserta didiknya di sekolah, hingga kandas nilai - nilai positifnya. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang di usung oleh Imam Al - Ghazali sendiri yang menyatakan bahwa “pendidikan seharusnya bertujuan mencapai pertumbuhan yang seimbang dalam kepribad ian manusia secara total melalui latihan semangat, intelek, rasional diri, perasaan dan kepekaan rasa tubuh, karena pendidikan seharusnya membeikan jalan bagi pertumbu han manusia dalam segala asp ek secara spiritual, intelektual, imajinatif, fisikal, ilmiah, linguistik baik secara individual maupun secara kolektif, di samping memotivasi semua aspe k tersebut ke arah kebaikan dan kesempurnaan .” M emperhatikan latar belakang masalah yang telah dipaparkan di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana pemikiran Al - Ghazali tentang pendidikan karakter ? Penelitian ini memiliki tujuan dan manfaat untuk mengembangkan kualitas pendidikan dan karakter anak bangsa melalui pandangan Al - Ghazali tentang pendidikan karakter . Skripsi ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif dengan studi kepustakaan (library research), seluruh data yang ada, dianalisa dengan menggunakan analisis historis, tekstual, dan analisis contect atau isi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 16 Nov 2018 02:33
Perubahan Terakhir: 16 Nov 2018 02:33
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2936

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.