MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)(Studi di MTs Al-Mubarok Kabupaten Serang Provinsi Banten)

SA'ADAH, SITI (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)(Studi di MTs Al-Mubarok Kabupaten Serang Provinsi Banten). Jurusan Pendidikan Agama Islam.

[img] Teks (FULL PAPER)
JURNAL SKRIPSI.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (53kB)

Abstrak

Seorang pengajar yang sejati akan selalu berusaha sebaik mungkin demi keberhasilan dalam tugasnya. Salah satu tugas utama guru adalah bagaimana menciptakan suasana kelas atau suasana belajar yang dapat memberikan semangat pada siswa untuk belajar lebih giat. Pemilihan berbagai teknik pembelajaran merupakan bagian penting dalam kegiatan proses pembelajaran, karena akan mempengaruhi terhadap hasil belajar yang didapat siswa. Agar hasil belajar siswa tercapai secara optimal dan maksimal, maka diperlukan teknik pembelajaran yang cocok dan menyenangkan. Salah satu teknik yang cocok digunakan dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yaitu teknik Numbered Head Together atau Nomor Berkepala. Berdasarkan latar belakang di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana penerapan teknik Numbered Head Together (NHT)di MTs Al-Mubarok Kabupaten Serang Provinsi Banten? ; 2). Apakah penerapan teknik Numbered Head Together (NHT)dapat meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Al-Mubarok Kabupaten Serang Provinsi Banten?. Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui bagaimana penerapan teknik Numbered Head Together (NHT)di MTs Al-Kabupaten Serang Provinsi Banten!; 2). Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan teknik Numbered Head Together (NHT) di MTs Al-Mubarok Kabupaten Serang Provinsi Banten!. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII D MTs Al-Mubarok Jl. H. Abdul Latif Kelurahan Sumur Pecung Serang-Banten, dengan jumlah 31 siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dimana penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Penulis menggunakan PTK Model Kurt Lewin yang dikemukakan oleh Kemmis Mc Taggart. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa dalam menggunakan teknikNumbered Head Together atau Nomor Berkepala dalam proses pembelajaran sangat tepat, hal ini terbukti dari awal penerapan tekhnik ini pada kegiatan pra siklus hingga siklus II hasil belajar siswa mendapatkan nilai dan kemudian nilai itu mendapatkan peningkatan. Pada Pra Siklus nilai rata-rata siswa 56,66 atau sebanyak 19,35%, pada siklus I mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi 74,16 atau 61,29%. dan pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi 80,80 atau 87,09%. Berdasarkan hasil observasi pada kegiatan mengajar guru dan pada kegiatan aktivitas Siswa pada siklus I dan II mendapat peningkatan nilai yaitu dengan menggunakan teknik Numbered Head Together ternyata sangat baik untuk di terapkan pada proses pembelajaran.

Tipe Item/Data: Artikel
Kata Kunci (keywords): dinasti umayah; perkembangan kebudayaan islam
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 16 Nov 2018 02:33
Perubahan Terakhir: 16 Nov 2018 02:33
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2933

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.