Fahillah, M. Irpan (2018) Konsep Pendidikan Islam Perspektif K.H Hasyim Asy`ari Dan K.H. Ahmad Dahlan. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
|
Teks (COVER)
cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (30kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (ABSTRAK)
skripsi ABSTRAK 2.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (64kB) | Pra Tinjau |
|
Teks (FULL SKRIPSI)
jurnal skripsi.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (177kB) |
Abstrak
Dizaman era globalisasi ini, banyak ulama intelektual muslim yang mengkaji tentang pendidikan Islam. Dengan banyaknya ulama intelektual muslim masyarakat tidak sadar akan efektifnya konsep pendidikan Islam yang mereka ciptakan dalam membangun intelektual muslim yang hakiki. Sehingga sangat penting untuk dibahas secara mendalam pemasalahan ini mengenai konsep pendidikan Islam, agar konsep pendidikan Islam dinegeri ini dapat berjalan dengan baik dan efektif. Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu; Bagaimana konsep pendidikan Islam perspektif K.H Hasyim Asy`Ari. Bagaimana konsep pendidikan Islam perspektif K.H. Ahmad Dahlan. Bagaimana perbedaan pemikiran tentang konsep pendidikan Islam perspektif K.H Hasyim Asy`ari dan K.H. Ahmad Dahlan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan Islam perspektif K.H Hasyim Asy`ari. untuk mengetahui konsep pendidikan Islam perspektif K.H. Ahmad Dahlan. Dan untuk mengetahui perbedaan pemikiran tentang konsep pendidikan Islam perspektif K.H Hasyim Asy`ari dan K.H. Ahmad Dahlan. Manfaat dari penelitian ini antara lain Guna menambah wawasan penulis tentang K.H Hasyim Asy`ari dan K.H. Ahmad Dahlan dan Guna mengetahui konsep pendidikan Islam perspektif K.H Hasyim Asy`ari dan K.H. Ahmad Dahlan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode penulisan bersifat deskriptif, prosedur pengumpulan data dengan studi dokumenter dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa K.H Hasyim Asy`ari lebih menitik beratkan pendidikan keagamaan menjadi skala prioritas dari pada pendidikan umum, sedangkan K.H. Ahmad Dahlan lebih membentuk muslim sebagai sentral keilmuan. Dimana K.H. Ahmad Dahlan memberikan dua konsep hasil pendidikan Islam yakni mencetak intelek ulama dan ulama intelek. Konsep Pendidikan Islam perspektif K.H Hasyim Asy`ari Dan K.H. Ahmad Dahlan sangat berguna dalam memajukan pendidikan Islam dinegeri ini dan dapat mencetak muslim yang paripurna yang sesuai dengan fitrahnya. Dan sangat bagus untuk di terapkan dinegeri ini dikarenakan konsep yang mereka ciptakan dapat membentuk masyarakat atau peserta didik yang berkemajuan dan mampu menjawab tantangan dizaman era globalisasi ini.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.4 Pemurnian dan pemaharuan pemikiran |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 12 Nov 2018 04:08 |
Perubahan Terakhir: | 12 Nov 2018 04:08 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2860 |
Actions (login required)
Lihat Item |