MODEL PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI PESANTREN SALAFI DAN MODERN(Studi Perbandingan di Pesantren Salafi Nurul Anwar dan Pesantren Modern Al-Mubarok Kota Serang)

MUHAMMAD, JAMALUDIN (2017) MODEL PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI PESANTREN SALAFI DAN MODERN(Studi Perbandingan di Pesantren Salafi Nurul Anwar dan Pesantren Modern Al-Mubarok Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (COVER)
COVER MJ.rtf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (884kB)
[img] Teks (ABSTRAK)
MJ ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (74kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (222kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (303kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB 3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (142kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB 5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (135kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka baru.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (129kB)

Abstrak

Al-Qur’an merupakan pedoman hidup bagi umat Islam, yang harus dipelajari oleh setiap muslim. Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan keagamaan islam yang sejak awal-awal berdirinya telah memberikan kontribusi nyata dalam upaya mencerdaskan bangsa. Pendidikan Al-Qur’an di pesantren memiliki kedudukan yang sanagt istimewa, hal tersebut sangat wajar jika melihat nama pesantren. Dengan berkembangnya pesantren tentu menjadi hal yang akan dilihat oleh banyak kalangan. Penting untuk mengetahui bagaimana pembelajaran Al-Qur’an di pesantren salafi dan modern. Berdasarkan latar belakang di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana karakteristik pembelajaran Al-Qur’an di pesantren salafi Nurul Anwar dan pesantren modern Al-Mubarok Kota Serang; Bagaimana persamaan dan perbedaan pembelajaran Al-Qur’an di pesantren Salafi Nurul Anwar dan Pesantren modern Al-Mubarok Kota Serang; Bagaimana kelebihan dan kekurangan pembelajaran Al-Qur’an di pesantren salafi Nurul Anwar dan pesantren modern Al-Mubarok Kota Serang. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui karakteristik pembelajaran Al-Qur’an di pesantren salafi Nurul Anwar dan pesantren modern Al-Mubarok Kota Serang. Untuk mengetahui persamaan dan perbedaan pembelajaran Al-Qur’an di pesantren Salafi Nurul Anwar dan Pesantren modern Al-Mubarok Kota Serang. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pembelajaran Al-Qur’an di pesantren salafi Nurul Anwar dan pesantren modern Al-Mubarok Kota Serang. Kegunaan Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan fikiran dan menambah pengetahuan dalam melakukan evaluasi terhadap Model Pembelajaran Al-Qur’an yang ada di lembaga pesantren maupun diluar lembaga pesantren. Penelitian ini dilaksanakan di pesantren salafi Nurul Anwar dan pesantren modern Al-Mubarok kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif studi kasus. dengan teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah: pembelajaran Al-Qur’an di Pesantren salafi Nurul Anwar dan Pesantren Modern Al-Mubarok memiliki karakternya masing-masing. Dengan segala kekurangan dan kelebihan yang dimiliki kedua lembaga, juga persamaan dan perbedan system belajarnya

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): PESANTREN SALAFI DAN MODERN
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 07 Apr 2017 00:15
Perubahan Terakhir: 07 Apr 2017 00:15
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/286

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.