THERAPY GESTALT DALAM MENGATASI PROBLEM PSIKOLOGIS ISTRI YANG PENGHASILANNYA LEBIH BESAR DIBANDINGKAN SUAMINYA (Studi Kasus Di Kp. Nengger Ds. Lebak Kec. Ciomas Kab. Serang Prov. Banten)

ROSIH, HERLINA (2017) THERAPY GESTALT DALAM MENGATASI PROBLEM PSIKOLOGIS ISTRI YANG PENGHASILANNYA LEBIH BESAR DIBANDINGKAN SUAMINYA (Studi Kasus Di Kp. Nengger Ds. Lebak Kec. Ciomas Kab. Serang Prov. Banten). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (COVER)
caver bki.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (167kB)
[img] Teks (LAMPIRAN BAGIAN DEPAN SKRIPSI)
LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (436kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (370kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (381kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB 3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (268kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB 5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (91kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (277kB)

Abstrak

Peran suami beralih kepada istri dan sebaliknya peran istri beralih kepada suami menimbulkan dampak yang negatif bagi psikologis istri yang akan menimbulkan problem di dalam rumah tangganya, dan tidak jarang akibatnya akan menimbulkan ketidak harmonisan di dalam keluarga. Dari latar belakang di atas terdapat beberapa pertanyaan, diantaranya: 1) Bagaimana Kondisi psikologis istri yang penghasilannya lebih besar dibandingkan suaminya, 2)Bagaimana cara mengatasi problem psikologis istri yang penghasilannya lebih besar dibandingkan suaminya, 3) Bagaimana keberhasilan therapy gestalt terhadap problem psikologis istri yang penghasilannya lebih besar dibandingkan suaminya.Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui kondisi psikologis istri yang penghasilannya lebih besar dibandingkan suaminya, 2) Untuk mengetahui cara mengatasi problem psikologis istri yang penghasilannya lebih besar dibandingkan suaminya, 3) Untuk mengetahui keberhasilan therapy gestalt terhadap problem psikologis istri yang penghasilannya lebih besar dibandingkan suaminya.bPenelitian ini di laksanakan di Kp. Nengger Ds.Lebak Kec. Ciomas Kab. Serang Prov. Banten dengan subyek penelitian 6 responden warga Kp. Nengger. Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian lapangan yang berbasis pada penelitian kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan ada lah data primer, data sekunder,teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, dokumentasi dan analisa data. Selain melakukan penelitian, penulis juga melakukan treatmen konseling melalui pendekatan Therapy Gestalt Dalam Mengatasi Problem Psikologis Istri yang Penghasilannya Lebih Besar Dibandingkan Suaminya. Penelitian ini memperlihatkan bahwa responden yang mengalami problem psikologis seperti rasa tertekan karena perlakuan suami yang penghasilannya rendah seringkali marah-marah tanpa alasan yang jelas, sehingga menimbulkan rasa takut untuk mengungkapkan keinginannya atas perlakuan suaminya yang membuatnya merasa tidak nyaman. Penelitian ini juga memperlihatkan bahwa proses konseling melalui therapy gestalt berjalan dengan baik dan mampu menyelesaikan problem-problem yang dialami para responden, walaupun dari keenam responden yang ada hanya 5 saja yang permasalahannya dapat diatasi dengan therapy gestalt, sedangkan 1 responden lagi tidak melanjutkan therapy gestalt karena ia merasa semakin tertekan dengan memainkan perannya di dalam therapy gestalt, selain itu karena suaminya yang tidak memberikan izin dengan alasan takut kalau nanti aib keluarga diketahui banyak orang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Therapy Gestalt
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 07 Apr 2017 00:15
Perubahan Terakhir: 07 Apr 2017 00:15
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/285

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.