Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Pendek dengan Menggunakan Wayang Kertas (PTK di Kelas V SDN Talagasari I Desa Talagasari Kecamatan Balaraja).

Sukmawati, Raras Yuniar (2018) Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Pendek dengan Menggunakan Wayang Kertas (PTK di Kelas V SDN Talagasari I Desa Talagasari Kecamatan Balaraja). Lainnya thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (34kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAGIAN DEPAN)
BAGIAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (354kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (105kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (209kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB 3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (268kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB IV)
BAB 4.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (566kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB 5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (88kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (86kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan media wayang kertas dan Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam peningkatan keterampilan menyimak cerita pendek dengan penggunaan media wayang kertas di kelas V SDN Talagasari I. Metode penilitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model PTK Kemmis dan Mc.Taggart langkah penelitian menggunakan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan di dapatkan bahwa, 1) Penerapan media wayang kertas dalam pembelajaran menyimak cerita pendek dapat dilihat melalui aktivitas siswa dan aktivitas guru. Penilaian observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 71% dengan kategori cukup, siklus II 83% dengan kategori baik. Sedangkan aktivitas guru pada siklus I sebesar 73% dengan kategori cukup, pada siklus II 85% termasuk kategori baik sehingga dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. 2) Penggunakan wayang kertas dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita pendek pada hasil belajar siswa. Pada siklus I dengan persentase ketuntasan 72,41% dengan nilai rata-rata 70,51 mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase yaitu 86,20% dengan nilai rata-rata 80,17. Hal tersebut menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media wayang kertas dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita pendek dari hasil belajar siswa SDN Talagarasai I sudah menunjukan hasil yang baik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Lainnya)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: Tina
Tanggal Disetorkan: 12 Nov 2018 04:06
Perubahan Terakhir: 12 Nov 2018 04:06
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2799

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.