PENGARUH KOMPETENSI GURU ALUMNI PONDOK PESANTREN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS (Studi di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Ciruas Serang)

HASANAH, ELIS NUR (2017) PENGARUH KOMPETENSI GURU ALUMNI PONDOK PESANTREN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS (Studi di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Ciruas Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (COVER)
B5 Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (628kB)
[img] Teks (BAB I)
B5 bab 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (145kB)
[img] Teks (BAB II)
B5 bab II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (379kB)
[img] Teks (BAB III)
B5 bab III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (372kB)
[img] Teks (BAB IV)
B5 bab 4.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (316kB)
[img] Teks (BAB V)
B5 bab V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (186kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
Dapus el.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (63kB)

Abstrak

Kompetensi merupakan kemampuan suatu perpaduan pengetahuan, keterampilan nilai dan sikap yang direfleksikan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak. Guru merupakan komponen dalam melanjalankan proses pendi dikan. tuntutan profesionalitas menuntut adanya kualifikasi dan kompetensi yang dimiliki oleh guru. Sebagai jabatan professional guru memerlukan kompetensi untuk membantu terwujudnya tujuan pendidikan. Belajar merupakan suatu proses perubahan tingkah laku akibat adanya latihan dan pengalaman. Al-Qur’an dan Hadits merupakan sumber hukum Islam oleh karenanya dalam pengajarannya memerlukan guru yang betul-betul kompeten. Bagi guru alumni pondok pesantren tidak terlepas dari kopetensi yang harus dimilikinya. Dengan demikian, hasil belajar merupakan perubaan dari adanya proses pembelajaran. Semakin tinggi kompetensi yang dimiliki guru maka akan semakin tinggi pula tingkat keberhasilan belajar yang dicapai oleh siswa. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini mengacu kepada teori Abin Syamsudin yang menyatakan bahwa: Wujud perubahan belajar adalah adanya perubaan perilaku dan pribadi. Adapun faktor yang mempengaruhinya yaitu individu, pembawaan dan lingkungan. Sehingga dalam mengukur indikator hasil belajar yaitu pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Ciruas Serang dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden dengan menggunakan metode korelasional yaitu melihat pengaruh antara kedua variabel adapun bentuk penyajian datanya penulis sajikan dalam deskriptif kuantitatif. Pada teknik pengumpulan data penulis menggunakan observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi, Setelah data tekumpul maka data dianalisis dengan analisis statistik kuantitatif. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini menyatakan bahwa kompetensi guru alumni pondok pesantren berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dimana hasil analisis korelasi menunjukan bahwa indeks koefisien korelasi (rxy) = 0,82. Setelah dikonsultasikan dengan tabel interprestasi “r” produc moment, ternyata angka “r” (0,82) berada antara (0,80 –1,00). Interprestasinya adalah : Antara variabel X dengan variabel Y terdapat korelasi yang sangat tinggi.Hasil uji signifikasi korelasi menunjukan t hitung 12,667 > 2,386 Interprestasinya adalah : Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel X terhadap variabel Y dengan menggunakan coefisien determinasi (CD) adalah 67,24 % sedangkan sisanya sebesar32,76% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini yang dapat diteliti kembali.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): KOMPETENSI GURU ALUMNI PONDOK PESANTREN
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 07 Apr 2017 00:14
Perubahan Terakhir: 07 Apr 2017 00:14
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/278

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.