Hayati, Elah (2018) Penelitian Pembentukan KarakterReligius Siswa Melalui Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Dan Membaca Asma’ul Husna (Studi Di Sekolah Dasar Negeri Warung Kecamatan Baros. Magister thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
|
Teks (LAMPIRAN)
Kata pengantar dll nn.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (456kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (286kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (913kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
bab III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (262kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
bab IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (563kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (208kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
daftar Pustaka Lengkap.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (234kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Karakter religius adalah tabiat, sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain, religius merupakan karakter yang kuat dalam memeluk dan menjalankan ajaran agama serta sebagai cerminan dirinya atas ketaatannya terhadap ajaran agama yang dianutnya. Karakter religius dalam tesis ini di bentuk melalui pembiasaan tadarus Al-Qur'an dan pembiasaan membaca asma’ul husna yang diyakini mampu membentuk karakter religius siswa. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pembentukan karakter religius siswa di SD Negeri Warung Kecamatan Baros Serang. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pembiasaan tadarus surat-surat pendek dan membaca asma’ul husna siswa SD Negeri Warung Kecamatan Baros-Serang. 3) Untuk mengetahui pembiasaan tadarus Al-Qur’an siswa SD Negeri Warung Kecamatan Baros Serang. 4) Untuk mengetahui pembiasaan membaca Asma’ul Husna siswa SD Negeri Warung Kecamatan Baros Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan adalah teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data (triangulasi), yang meliputi pengumpulan data,reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Pembentukan karakter religius di SD Negeri Warung dilakukan dengan pembiasaan tadarus Al-Qur’an yang dilaksanakan setiap harinya di awal pembelajaran di kelas masing-masing dan membaca asma’ul husna pada setiap hari Jum’at di mushollah sekolah. 2) Faktor pendukungnya adalah, keaktifak siswa dalam pembelajaran pembiasaan, peran aktif semua guru, dan berbagai fasilitas yang memadai terlaksananya pembiasaan tadarus Al-Qur’an dan membaca asma’ul husna. Faktor Penghambat terdiri dari kurangnnya alokasi waktu, kurangnnya kesadaran orang tua, adanya dampak negatif perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 3) Pelaksanaan pembiasaan tadarus Al-Qur’an siswa SD Negeri Warung dilaksanakan pada setiap hari di awal pembelajaran dengan berbagai metode, diantaranya metode klasikal, metode individual, metode driil, dan metode pemberian tugas. 4) Pelaksanaan pembiasaan membaca Asma’ul Husna siswa SD Negeri Warung dilaksanakan pada setiap hari Jum’at, dimana seluruh siswa dikumpulkan di Musholla sekolah. Pelaksanaanya di pandu oleh guru atau siswa atau media radio kemudian siswa lainnya mengikuti dengan nada yang sama
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Magister |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 09 Nov 2018 02:17 |
Perubahan Terakhir: | 09 Nov 2018 02:17 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2744 |
Actions (login required)
Lihat Item |