MODEL PEMBINAAN KEDISIPLINAN BAGI ANAK AUTIS (Studi Kasus di Sekolah Dasar Khusus Negeri 01 Kabupaten Tangerang)

SAFITRI, INA (2018) MODEL PEMBINAAN KEDISIPLINAN BAGI ANAK AUTIS (Studi Kasus di Sekolah Dasar Khusus Negeri 01 Kabupaten Tangerang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

[img] Teks (COVER)
cover proposal na.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (94kB)
[img] Teks (LAMPIRAN DEPAN)
persembahan skripsi 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (291kB)
[img] Teks (BAB I S/D BAB V)
MY SKRIPSI b5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAK1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (139kB)

Abstrak

Autis ialah suatu ganggua n perkembangan yang kompleks menyangkut komunikasi, interaksi sosial, dan aktivitas imajinasi, sehingga me n galami ke sulit an untuk bersosialisasi . Oleh karenanya, anak auti s membutuhkan perhatian, bantuan dan layanan pendidikan khusus untuk pembinaan kedisiplinan . Sedangkan kedisiplinan berasal dari kata disiplin yang berarti tata tertib yang megatur tatanan kehidupan pribadi atau kelompok, seorang yang berdisiplin akan mematu hi seluruh ketentuan yang berlaku terutama disiplin dalam waktu dan disiplin kegiatan. Dari uraian di atas muncu l ah beberapa peertanyaan diantaranya: 1)bagaimana gambaran kedisiplinan anak - anak autisdi Seko l ah Khusus Negeri 01 Kabupaten Tangerang, 2) bagaimana metode guru dan orang tua membina kedisiplinan anak autis di Sekolah Khusus Negeri 01 Kabupaten Tangerang, 3) Apa faktor pendukung dan penghambat dari pembinaan kedisiplinan anak autis di Sekolah Khusu s Negeri 01 Kabupaten Tangerang. Penelitian i ni bertujuan: 1) untuk mengetahui gambaran kedisiplinan anak autis di Sekolah Khusus Negeri 01 Kabupaten Tangerang, 2) untuk mengetahui metode pembinaan kedisiplinan anak autis di Seko l ah Khusus Negeri 01 Kabupaten Tangerang, 3)untuk mengetahui f aktor pend u kung dan penghambat dari pembinaan kedisiplinan anak autis di Sekolah Khusus Negeri 01 Kabupaten Tangerang. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Khusus Negeri 01 Kabu paten Tangerang,j enis penelitian skripsi ini menggunakan penelitian deskriptif kualita tif dengan teknik pengumpulan data me l alui observasi, wawancara, dokumentasi dan kepustakaan. P ene l itian menemukan bahwa a nak aut is di SKh , dilatih untuk memiliki kedisiplinan di rumah maupun di sekolah. Kedisiplinan di rumah meliputi, disiplin dalam tidur , sholat, belajar, membant u orang tua, dan menjaga kebersihan dan kerapihan . Sedangkan disiplin di sekolah meliput i ,disiplin dalam bersekolah,datang tepat waktu, memakai seragam sekolah, dan menjaga kebersihan sekolah. Guru dan orang tua para anak autis memiliki metode d alam membina kedisiplinan anak autis yaitu, meningkatkan keterampi l an pada siswa autis, pembiasaa n kedisiplinan sekolah, memb erikan pujian, memberikan hadiah dan tidak member ikan sanksi , pembiasaan dalam kehidupan sehar i - hari, dan metode pengalaman dan arahan . Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam membina kedisiplinan meliputi adanya pe n gertian dalam keluarga, kerjasama, persepsi negatif dari l ingkungan, dan sikap ketergantungan ana k autis terhadap figur tertentu .

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 09 Nov 2018 02:16
Perubahan Terakhir: 09 Nov 2018 02:16
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2722

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.