Agustina, Tia (2018) Analisis Kesalahan dalam Mengerjakan Soal Tentang Bangun Datar pada Siswa Kelas V SDN Pipitan. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
|
Teks (COVER)
1. cover skripsi.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (15kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
3. Abstrak baru.pdf Download (74kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFATAR ISI)
10. DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (217kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
1. BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (194kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
2. BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (446kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
3. BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (560kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
4. Bab IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
5. BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (162kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (93kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah – langkah siswa dalam mengerjakan soal bangun datar dan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal tentang bangun datar. Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal bangun datar. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata – rata kelas yang masih dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh pemahaman konsep dan keterampilan berpikir yang masih kurang dikuasai siswa sehingga mengakibatkan kesalahan dalam menyelesaikan soal. jenis- jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal perlu diketahui, sehingga kesalahan – kesalahan dapat diperbaiki dan diminimalisirkan, agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika. Subjek penelitian ini adalah 29 siswa kelas V SDN Pipitan tahun ajaran 2017/ 2018. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrument penelitian yang digunakan berupa tes tertulis. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes tertulis dan hasil wawancara siswa. Dan untuk wawancara peneliti memilih 5 orang siswa kelas V. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa langkah – langkah yang dilakukan siswa untuk menyelesaikan soal yaitu memahami masalah, menuliskan informasi yang diketahui dalam soal, menentukan teorema yang digunakan, melakukan perhitungan, dan menuliskan hasil akhir. Akan tetapi banyaknya siswa yang menyelesaikan soal tidak sesuai dengan langkah – langkah, maka siswa tersebut dikatakan melakukan keslahan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 4 jenis kesalahan yang dilakukan siswa, yaitu kesalahan penyimpangan teorema atau definisi sebesar 31, 54%, kesalahan data sebesar 33, 17%
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 05 Nov 2018 08:34 |
Perubahan Terakhir: | 05 Nov 2018 08:34 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2688 |
Actions (login required)
Lihat Item |