Alimudin, Ahmad Arif (2018) Pengaruh Iklim Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak (Studi di MTS Daarul Ahsan Tangerang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
Teks (COVER)
caver.rtf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (129kB) |
|
Lainnya (FULL SKRIPSI)
skripsi All.rtf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) |
|
Teks (LAMPIRAN ABSTRAK)
pengesahan.rtf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (167kB) |
Abstrak
Iklim belajar merupakan suasana pembelajaran yang merupakan suatu unsur penting yang dibutuhkan siswa dalam menangkap pelajaran dan begitu pula guru dalam menyampaikan materi. Sering sekali para pendidik memerhatikan iklim belajar yang terjadi, sehingga hasil belajar siswa kurang memuaskan, hal tersebut didasari oleh ketidak nyamanan siswa dalam belajar sehingga berkurangnya minat siswa dalam belajar. Berdasarkan latar belakang di atas, maka perumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana iklim belajar di MTs Daarul Ahsan? 2) Bagaimana hasil belajar siswa di MTs Daarul Ahsan? 3) Apakah terdapat pengaruh iklim belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di Mts Daarul Ahsan?. Dan tujuan penelitiannya adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana iklim belajar di Mts Daarul Ahsan, 2) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa di Mts Daarul Ahsan, 3) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh iklim belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di Mts Daarul Ahsan. Penelitian ini dilakukan di MTs Daarul Ahsan Dangdeur Jayanti Tangerang dengan jumlah populasi sebanyak 159 siswa dan yang dijadikan sampel sebanyak 30 siswa/responden. Metode ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu menggunakan analisis data statistik dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, Angket dan dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah : berdasarkan hasil analisis korelasi dengan menggunakan product moment (rxy) diperoleh hasil r = 0,84, hal ini menunjukan bahwa antara variabel X dan variabel Y terdapat korelasi yang sangat tinggi. Berdasarkan hasil perhitungan, diketahui bahwa pengaruh iklim belajar variabel X terhadap hasil belajar siswa variabel Y adalah sebesar 70,56% sedangkan sisanya 29,44% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain dan dapat diteliti lebih lanjut oleh siapapun yang berminat.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 05 Nov 2018 01:59 |
Perubahan Terakhir: | 05 Nov 2018 01:59 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2685 |
Actions (login required)
Lihat Item |