PERILAKU REMAJA AWAL DALAM BERPACARAN DI MASA SEKARANG (Studi Kasus di SMP Madinatul Hadid kota Cilegon)

ULFIYATI, ULFIYATI (2017) PERILAKU REMAJA AWAL DALAM BERPACARAN DI MASA SEKARANG (Studi Kasus di SMP Madinatul Hadid kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (COVER)
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (61kB)
[img] Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (90kB)
[img] Teks (BAB I S/D BAB V)
BAB I - V print.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (755kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (216kB)
Alamat URL Resmi: http://facebook.ulfiyati.com

Abstrak

Masa remaja merupakan suatu periode perubahan dalam hubungan sosial, yang ditandai dengan perkembangan minat terhadap lawan jenis atau pengalaman pertama dalam berpacaran. Dalam menjalin hubungan dengan lawan jenis, remaja mengalami kesulitan dalam mengendalikan perilaku seksual. Hal ini disebabkan karena dorongan seksual pada remaja menyebabkan keinginan-keinginan yang menuntut kepuasan, sehingga sulit untuk dikendalikan. Perilaku seksual dalam berpacaran yang tidak sehat atau tidak sesuai dengan norma-norma yang berlaku pada remaja dapat merugikan remaja tersebut. Hal tersebut bisa mengakibatkan kehamilan di luar nikah, aborsi, putus sekolah maupun timbul kelainan seks yang dilakukan, misalnya dengan berganti-ganti pasangan. Dari latar belakang di atas muncul beberapa pertanyaan yang akan menjadi fokus penelitian, di antaranya: 1) Bagaimana perilaku pacaran siswa di SMP Madinatul Hadid Cilegon? 2) Bagaimana upaya dan keberhasilan guru Bimbingan Konseling (BK) dalam menanggulangi perilaku berpacaran siswa di SMP Madinatul Hadid Cilegon? Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui perilaku pacaran siswa di SMP Madinatul Hadid, 2) untuk mengetahui bagaimana upaya guru Bimbingan Konseling (BK) dalam menanggulangi perilaku berpacaran siswa di SMP Madinatul Hadid Cilegon. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Madinatul Hadid Kota Cilegon-Banten, dengan obyek penelitian beberapa siswa-siswi kelas 3 SMP yang sedang berpacaran. Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian lapangan yang berbasis pada penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, di mana peneliti akan mendeskripsikan tentang objek kajian secara objektif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan menggunakan angket, pengamatan terlibat (observasi dan wawancara) dan kepustakaan. Kesimpulan penelitian ini, pertama ada beberapa perilaku pacaran siswa SMP Madinatul Hadid yang memprihatinkan seperti, bertatapan mesra, berpegangan tangan, berciuman pipi, bahkan ada yang berpelukan dan berciuman bibir walaupun tidak ada yang sampai melakukan berhubungan badan. Sedangkan usia SMP siswa masih dikatakan anak-anak, mereka belum benar-benar mengerti tentang bahaya dari pacaran yang bisa menjerumuskan mereka ke dalam seks pra-nikah. Kedua, upaya pencegahan perilaku menyimpang dalam berpacaran yang dilakukan oleh guru Bimbingan Konseling di SMP Madinatul Hadid adalah dengan cara sebagai berikut: Guru menjadi sahabat dengan siswa-siswinya, memberikan keleluasan kepada siswa-siswi untuk mengekspresikan diri pada kegiatan ekstrakurikuler, meningkatkan peranan pelayanan dan pemberdayaan guru Bimbingan Konseling, meningkatkan disiplin sekolah dan sanksi yang tegas serta mendidik siswa-siswanya, meningkatkan kerjasama dengan orang tua, sesama guru dan sekolah lain, dan meningkatkan keamanan terpadu dengan cara sekolah bekerja sama dengan Polsek setempat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): PERILAKU REMAJA; SMP Madinatul Hadid; BERPACARAN DI MASA SEKARANG
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 30 Mar 2017 02:54
Perubahan Terakhir: 30 Mar 2017 02:54
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/260

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.