HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS (Studi di MTs Miftahul Hayat, Waringinkurung, Serang)

SAHRONI, SAHRONI (2017) HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS (Studi di MTs Miftahul Hayat, Waringinkurung, Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img] Teks (COVER)
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (12kB)
[img] Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (9kB)
[img] Teks (PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI)
Pernyataan keaslian Skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (13kB)
[img] Teks (LEMBAR PENGESAHAN)
PERSEMBAHAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (26kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (49kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (237kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (171kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (18kB)
[img] Teks (RIWAYAT HIDUP)
RIWAYAT HIDUP.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (16kB)

Abstrak

Hubungan guru dengan siswa didalam proses belajar mengajar merupakan faktor yang sangat menentukan. Bagaimanapun baiknya bahan pelajaran yang diberikan, bagaimanapun sempurnanya metode yang digunakan, namun jika hubungan guru dengan siswa merupakan hubungan tidak harmonis, maka dapat menciptakan suatu hal yang tidak diinginkan. Dengan demikian bentuk-bentuk kegiatan belajar selain melalui pengajaran depan kelas, perlu diperhatikan pula bentuk-bentuk pengajaran yang lain. Dalam saat-saat semacam itu dapat dikembangkan komunikasi interpersonal . Guru dapat menanyai dan mengungkap keadaan siswa dan sebaliknya siswa mengajukan berbagai persoalan-persoalan dan hambatan yang sedang dihadapi. Dalam usaha membangkitkan daya penalaran dikalangan pelajar, mereka sendiri ikut menentukan keberhasilannya, sehingga dapat mencapai hasil belajar yang diinginkan. Landasan teori yang peneliti gunakan adalah teori Benyamin Blom yang menyatakan bahwa hasil belajar itu meliputi ranah kognitif terdiri dari pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis dan evaluasi. Ranah afektif berkenaan dengan sikap yaitu penerimaan jawaban atau reaksi, penilaian dan organisasi. Sedangkan ranah psikomotorik berkenaan dengan belajar keterampilan dan kemampuan bertindak. Sedangkan teori komunikasi interpersonal yang digunakan peneliti adalah teori Pearson yang menyatakan bahwa komunikasi yang terdiri dari dua arah atau lebih yang saling bergantung satu sama lain dan menggunakan pola interaksi yang konsisten Penelitian ini dilaksanakan di MTs Miftahul Hayat Waringin Kurung, Serang, dengan jumlah sampel 40 orang, dari populasi dengan jumlah 160 orang. Populasi diambil dari keseluruhan siswa kelas VIII MTs Miftahul Hayat Waringin Kurung, Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional dengan teknik pengumpulan data: wawancara, angket dan test soal. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah: berdasarkan hasil analisa korelasi dengan menggunakan Product Moment (rxy) diperoleh r = 0,79. Hal ini menunjukan bahwa antara Komunikasi Interpersonal Guru (variable X) dengan Hasil Belajar Siswa (variable Y) terdapat korelasi yang sedang. Adapun Komunikasi Interpersonal Guru (variabel X) dengan Hasil Belajar Siswa (variabel Y) diketahui 51,84 %, Sedangkan sisanya 48,16 % dipengaruhi oleh faktor lain yang dapat diteliti kembali.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU; BELAJAR SISWA
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 30 Mar 2017 02:53
Perubahan Terakhir: 30 Mar 2017 02:53
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/256

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.