ANALISIS SEMIOTIKA KOMIK PAHLAWAN ISLAM MUHAMMAD AL-FATIH #1

AL-QAMAR, ADITYA EKA (2018) ANALISIS SEMIOTIKA KOMIK PAHLAWAN ISLAM MUHAMMAD AL-FATIH #1. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

[img] Teks (COVER)
cover skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (33kB)
[img] Teks (DAFTAR ISI)
PERNYATAAN - DAFTAR ISI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (362kB)
[img] Teks (BAB I - II)
BAB gabung 1-2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (373kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (371kB)
[img] Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (855kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (271kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (100kB)

Abstrak

Komik adalah sebuah media komunikasi cetak dan online. Komik merupakan media yang cukup bagus untuk menyebarkan ajaran-ajaran islam, itu karena sifat komik fleksibel, dapat dibaca oleh semua umur. Dengan dibuatnya komik sebagai sarana dakwah kita dapat menciptakan bacaan-bacaan yang positif untuk anak-anak kita, memberi tahu mereka tentang sejarah islam dengan pahlawan-pahlawan yang berjuang mati-matian dalam mempertahankan Islam, tetapi dikemas dengan gambar komik yang modern . Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Icon apa saja yang sering muncul dalam Komik Pahlawan Islam Muhammad Al-Fatih #1, 2) Obejct apa saja yang terdapat dalam Komik Pahlawan Islam Muhammad Al-Fatih #1, 3) Interpretant apa saja yang terdapat dalam Komik Pahlawan Islam Muhammad Al-Fatih #1 Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk Mengetahui Icon dalam Komik Pahlawan Islam Muhammad Al-Fatih #1, 2) Untuk mengetahui Object dalam Komik Muhammad Al-Fatih #1, 3) Untuk Mengetahui Interpretant dalam Komik Muhammad Al-Fatih #1 Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan studi pustaka untuk mendapatkan data-data yang diperlukan dalam penelitian dan menjawab salah satu rumusan masalah pada penelitian ini. Dan peneliti juga menggunakan teori semiotika untuk menganalisis data-data pada penelitian ini. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan Ikon yang sering muncul dalam komik ini adalah Sultan Murad, Mehmet, dan juga Syaikh Ahmad. Munculnya Mehmet disetiap panel gambar komik menjadi indeks bahwa Mehmet adalah pemeran utama dibandingkan dengan Sultan Murad dan juga Syaikh Ahmad di dalam komik Muhammad Al-Fatih ini. . Object yang sering muncul dalam komik Muhammad Al-Fatih ini adalah, rumah Sultan Murad (kota Edirne), rumah Syaikh Ahmad (kota Amasya), kastel Boldogkovralja, padang Varna. Interpretant atau pesan yang ingin disampaikan dalam komik ini secara umum ialah, bagaimana perjuangan seorang anak Sultan untuk menjadi seorang pemimpin yang baik, pemimpin yang sudah ditakdirkan dapat menaklukan sesuatu yang besar seperti Konstantinopel. Betapa kerja kerasnya anak ini, dengan belajar ilmu pengetahuan dan juga ilmu agama terus menerus agar dapat melaksanakan amanat dari ayahnya. Senang dan sedih pun ia rasakan dalam perjalanan hidupnya, seperti kehilangan sudara-saudara kandungnya yang dibunuh oleh orang jahat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Komik, Semiotika
Subjek: 900 Sejarah > 920 Biografi & silsilah
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Komunikasi Dan Penyiaran Islam
User Penyetor: Tina
Tanggal Disetorkan: 23 Okt 2018 03:12
Perubahan Terakhir: 23 Okt 2018 03:12
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2542

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.