UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE CIRC (PTK di Kelas IV SDN Solear II Kec. Solear Kab. Tangerang)

ULUHIYAH, PUTUH (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE CIRC (PTK di Kelas IV SDN Solear II Kec. Solear Kab. Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN "SULTAN MAULANA HASANUDDIN" BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
1. COVER SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (120kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I Revisi 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (163kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II revisi 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (160kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III revisi 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (212kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB IV)
BAB IV revisi 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (387kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V revisi 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (140kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (10kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN Solear II, terutama dalam kemampuan menulis puisi masih rendah. Salah satu penyebab timbulnya masalah ini, karena guru belum menggunakan metode yang tepat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan metode pembelajaran Kooperatif tipe CIRC. Berdasarkan latar belakang di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan metode kooperatif tipe CIRC dalam menulis puisi bebas pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDN Solear II Tangerang. Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa melalui metode kooperatif tipe CIRC pada pembelajaran bahasa Indonesia menulis puisi bebas di kelas IV SDN Solear II Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis Mc. Taggart yang dilakukan di SDN Solear II, dengan jumlah siswa 31. Dilakukan dengan teknik rencana, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini diawali dengan observasi untuk mengumpulkan data pada tahap pra siklus, kemudian dilanjutkan pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat diketahui bahwa Penerapan metode kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat siswa lebih aktif dan efektif saat proses pembelajaran berlangsung. Peningkatan hasil belajar siswapun, dapat dilihat dari nilai rata-rata yang dicapai pada tiap siklusnya. Pada pra siklus (61), pada siklus I mencapai (64) dan persentase ketuntasan mencapai 48%. Dan pada siklus II mencapai (76). Dan persentase ketuntasan mencapai 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan ketuntasan sebanyak 42% dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe CIRCdapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 23 Okt 2018 03:11
Perubahan Terakhir: 23 Okt 2018 03:11
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2523

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.