ULUHIYAH, PUTUH (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE CIRC (PTK di Kelas IV SDN Solear II Kec. Solear Kab. Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN "SULTAN MAULANA HASANUDDIN" BANTEN.
|
Teks (COVER)
1. COVER SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (120kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I Revisi 2.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (163kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II revisi 2.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (160kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III revisi 2.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (212kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV revisi 2.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (387kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V revisi 2.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (140kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (10kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN Solear II, terutama dalam kemampuan menulis puisi masih rendah. Salah satu penyebab timbulnya masalah ini, karena guru belum menggunakan metode yang tepat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan metode pembelajaran Kooperatif tipe CIRC. Berdasarkan latar belakang di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan metode kooperatif tipe CIRC dalam menulis puisi bebas pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDN Solear II Tangerang. Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa melalui metode kooperatif tipe CIRC pada pembelajaran bahasa Indonesia menulis puisi bebas di kelas IV SDN Solear II Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis Mc. Taggart yang dilakukan di SDN Solear II, dengan jumlah siswa 31. Dilakukan dengan teknik rencana, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini diawali dengan observasi untuk mengumpulkan data pada tahap pra siklus, kemudian dilanjutkan pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat diketahui bahwa Penerapan metode kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat siswa lebih aktif dan efektif saat proses pembelajaran berlangsung. Peningkatan hasil belajar siswapun, dapat dilihat dari nilai rata-rata yang dicapai pada tiap siklusnya. Pada pra siklus (61), pada siklus I mencapai (64) dan persentase ketuntasan mencapai 48%. Dan pada siklus II mencapai (76). Dan persentase ketuntasan mencapai 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan ketuntasan sebanyak 42% dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe CIRCdapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 23 Okt 2018 03:11 |
Perubahan Terakhir: | 23 Okt 2018 03:11 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2523 |
Actions (login required)
Lihat Item |