HIKMAH FUJI, ILAHIYAH (2018) PENERAPAN METODE SPEED READING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DALAM MEMAHAMI ISI TEKS ( PTK di Kelas V MI Nurul Islam Sukaharja Kab. Tangerang ). Diploma atau S1 thesis, Uin Sultan Maulana Hasanudin Banten.
Abstrak
Guru dalam proses pembelajaranbahasa Indonesia belummenggunakanmetode yang sesuaidenganmateripembelajaran. Hal inimenyebabkanhasilbelajarsiswamasihrendah, metodespeed reading yang digunakandalampembelajaranbahasa Indonesia padamaterimemahamiisiteksdiharapkanmampumeningkatkanhasilbelajarsiswa. Berdasarkanlatarbelakangmasalahdiatas, permasalahan yang dirumuskandalampenelitianiniadalah.Bagaimanapenerapanmetode speed reading dapatmeningkatkankemampuanmembacasiswadalampembelajaranBahasa Indonesia di kelas V MI Nurul Islam SukaharjaKecamatanSindang Jaya KabupatenTangerang. Dan BagaimanameningkatkanhasilbelajarsiswadalammemahamiisitekspadapembelajaranBahasa Indonesia di kelas V MI Nurul Islam SukaharjaKecamatanSindang Jaya KabupatenTangerang? Tujuanpenelitianiniadalah: UntukmeningkatkankemampuanmembacasiswadalampembelajaranBahasa Indonesia melaluimetode speed reading di kelas V MI Nurul Islam SukaharjaKecamatanSindang Jaya KabupatenTangerang. Dan Untukmeningkatkanhasilbelajarsiswadalammemahamiisiteks di kelas V MI Nurul Islam SukaharjaKecamatanSindang Jaya KabupatenTangerang Pendekatan yang digunakandalammetodeiniadalahmetodePenelitianTindakanKelas (PTK) denganmenggunakan model Kemmis Mc. Taggart. Yang dilakukan di MI Nurul Islam SukaharjaTangerangdenganjumlah 36 siswa, denganlangkah-langkahpenelitianmenggunakanperencanaan, tindakan, observasi, danrefleksi. Berdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwaadapeningkatanhasilbelajar.Hal inidilihatdarinilai rata-rata adatiapsiklusnya, padaprasiklus (63), padasiklus 1 mencapai (71) danpersentaseketuntasanmencapai 50%.Dan padasiklus II mencapai (76) anpersentaseketuntasanmencapai 92%.Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwadarisiklus I kesiklus II mengalamikenaikanketuntasansebesar 42% denganmenggunakanmetodespeed readingdapatmeningkatkanpemahamanbelajardanaktivitassiswa
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 23 Okt 2018 03:10 |
Perubahan Terakhir: | 23 Okt 2018 03:10 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2519 |
Actions (login required)
Lihat Item |